Selasa, 16 Januari 2018

PKBM Tarbiyatul Aulaad l Problema Siswa Kejar Paket

Pusat Kegiatan Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan PKBM merupakan wadah bagi para siswa putus sekolah untuk melanjutkan pendidikan akademiknya. Tidak hanya untuk siswa droup out saja tetapi juga diperuntukan bagi siapapun yang belum mentas wajib belajar  yaitu 12 tahun. Enam tahun tingkat SD/MI atau kejar paket A. Tiga tahun tingkat SMP/MTs atau kejar paket B. Dan tiga tahun tingkat SMA/SMK/MA atau kejar paket C.

Banyak tantangan yang di temui oleh lembaga dalam mengaktifkan peserta didik supaya aktif dalam pembelajaran. Berbagai permasalahan menjadikan Kejar Paket sulit untuk bisa seperti sekolah reguler. Hampir setiap pembelajaran jumlah kehadiran peserta didik tidak pernah mencapai 100 persen. Banyak hal yang menjadi penyebab ketidak hadiran siswa seperti pekerjaan, jarak yang jauh dari rumah dan sebagainya.

Saat ini penulis sedang mencoba aktif membantu pembelajaran kejar paket di PKBM Tarbiyatul Aulaad agar jumlah kehadiran siswa dapat maksimal. Semoga seiring berjalanya waktu nanti kejar paket PKBM Tarbiyatul Aulaad dapat berjalan dengan manajemen yang lebih baik lagi. Kesejahteraan tutor juga menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan karena tutor lah yang menjadi ujung tombak keberhasilan kegiatan pembelajaran.

PKBM Tarbiyatul Aulaad berada di lingkungan Pon-Pes Tarbiyautul Aulaad Jl. Budi Utomo Bandengan Tegalkamulyan Cilacap Selatan Cilacap. Bagi siapapun yang ingin melanjutkan ke kejar paket bisa langsung mendatangi kantor PKBM Tarbiyatul Aulaad di alamat tersebut. 

Tidak ada komentar: