Selasa, 14 Mei 2024

Kumpulan soal ASAJ PAI kelas 9

1. Perhatikan ilustrasi berikut!

Allah menciptakan manusia dari seorang laki-laki (Adam) dan seorang perempuan (Hawa) dan menjadikannya berbangsa-bangsa, bersuku-suku, dan berbeda-beda warna kulit bukan untuk saling mencemoohkan, tetapi supaya saling mengenal dan menolong. Allah tidak menyukai Orang-orang yang memperlihatkan kesombongan dengan keturunan, kepangkatan, atau kekayaannya karena yang paling mulia di antara manusia pada sisi Allah hanyalah orang yang palinh bertakwa kepada-Nya.

Selanjutnya, jika seseorang ditunjuk sebagai Panitia Lomba Karang Taruna telah mengerti isi kandungan Q.S Al-Hujurat/49:13 tersebut, kemudian mengimplementasikannyya dalam memberikan pelayanan terhadap semua peserta lomba tanpa membeda-bedakan latar belakang suku, ras maupun status sosialnya maka berarti pula telah mengamalkan nilai-nilai moderasi beragama yang tepat yaitu .....

A. Keteladanan

B. Toleransi

C. Kesetaraan

D. Berkeadaban


2. Dalam menilai perbuatan hamba-hamba-Nya di akhirat, Allah menjamin akan menegakkan Keadilan yang sebenarnya. Dan Allah akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, dengan data yang objektif dan akurat: maka tidak seorang pun dirugikan walau sedikit, sehingga tidak ada seorang hamba yang amal kebaikannya dikurangi atau kejahatannya dilebih-lebihkan, sekalipun hanya seberat biji sawi, pasti Allah akan mendatangkan pahala untuk perbuatan baik dan hukuman untuk perbuatan jahat.


Diskripsi tersebut menggambarkan tentang..

A. Yaumul Hisab

B. Yaumul Mizan

C. Yaumul Ba'as

D. Yaumud Diin


3. Hari yang akan menampakkan agama yang benar yaitu agama Islam. Hari yang akan membuktikan kebesaran dan kebenaran agama Islam. Hari di mana makhluk Allah dibalas dan dihukum setimpal sesuai perbuatan dan amalan mereka di dunia. Peristiwa itu dikenal dengan istilah "Yaumud Diin". Berikut merupakan hikmah yang dapat diambil bagi orang-orang yang beriman dari hal tersebut kecuali ....

A. Mendorong orang untuk melakukan balas dendam kepada orang-orang yang melakukan

kejahatan pada kita karena Allah pun membalas perbuatan manusia.

B. Memberikan keyakinan kepada umat Muslim bahwa tidak ada kezaliman yang akan terjadi di pengadilan Allah.

C. Kesadaran akan Yaumud Din mendorong umat Muslim untuk memperbaiki akhlak dan

menjaga kebersihan jiwa.

D. Keyakinan pada Yaumud Diin memperkuat dan membantu menjaga keteguhan iman dalam

menghadapi godaan dan rintangan dunia.


4. Perhatikan deskripsi berikut inil!

Salah satu rukun haji yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijah, yaitu pada hari Arafah. Ini adalah momen penting dalam ibadah haji yang melibatkan para jamaah haji berkumpul di Padang Arafah, sebuah dataran luas di luar kota Makkah. Momen ini dianggap sebagai titik puncak ibadah haji, di mana jamaah haji berdiri di hadapan Allah Swt. dengan penuh kesungguhan dan pengharapan.

Rukun haji yang dimaksud pada wacana tersebut adalah ...

A. Tahalul

B. Wukuf

C. Sa'i

D. Tawaf


5. Perhatikan ilustrasi berikut ini!

Salah satu jenis haji dalam Islam di mana seorang jamaah haji hanya menunaikan haji saja, tanpa melakukan umroh sebelumnya. Jamaah haji yang melakukan haji tidak perlu menunaikanu mroh terlebih dahulu sebelum memulai ibadah haji. Mereka langsung memasuki ihram haji pada waktu yang ditentukan. Fokus jamaah haji adalah untuk menunaikan rukun-rukun haji.

Berdasarkan praktik pada ilustrasi tersebut ketika dianalisis maka termasuk pelaksanaan ibadah haji secara ..

A. Wada'

B. Tamatuk

C. Qiran

D. Ifrad

Tidak ada komentar: