Selasa, 25 April 2017

KESEPIAN BUKAN KARENA JOMBLO

Sepi menurut kbbi adalah a 1 sunyi; lengang: duduk di tempat yang --; 2 tidak ada orang (kendaraan dan sebagainya).

Namun bagaimanakah tentang perasaan yang sepi. Kesendirian dapat menimbulkan kesepian. Hindarilah sendiri agar tidak merasa sepi. Akan tetapi hal seperti itu hanya berlaku bagi orang-orang yang tidak menggunakan hati dan pikiran dengan sebenarnya. Karena sesungguhnya hati tidak mengenal sepi, manusialah yang menjadikan hati merasakan kesepian.

Bagi Kawula muda saat ini sepi karena tidak ada yang nge chat di media sosialnya. Merasakan kesepian bila tidak ada teman yang menghubungi. Lebih parah lagi merasa kesepian bila tidak mempunyai pacar. Seringkali kawula muda saat ini yang merasakan kesepian akibat dari tidak punya pacar. Padahal kebersamaan bersama pacar sejatinya adalah kesepian yang tidak disadari.

Perasaan sepi timbul dikarenakan hati yang kosong untuk mengingat Allah swt atau kosong dari mentafakkuri ciptaan Allah swt bukan karena tidak mempunyai pacar. Ketahuilah bahwa bertafakkur terhadap ciptaan Allah dianggap sebagai suatu ibadah. Dengan bertaffakur dapat mendekatkan diri kepada Allah sehingga perasaan sepi didalam hati sirna.Bertafakkur pada umumnya dapat maksimal apabila dalam keadaan sendiri. Bagi orang-orang yang merasa kesepian dikarenakan sendirian belumlah memahami hakikat kebersamaan. Bukankah dimanapun manusia berada disamping kanan kirinya terdapat malaikat yang senantisa mencatat segala tingkah laku perbuatan manusia. 

Maka wahai manusia sadarilah perasaan kesepianmu bukan karena kesendirianmu atau kejombloanmu tapi karena hatimu jauh dari mengingatNYA.

Wallahu A'lam

Tidak ada komentar: