Kamis, 04 Juli 2019

DOWNLOAD TERJEMAH KITAB MATAN JURUMIYAH


Al-Ajurrumiyah atau Jurumiyah (Arabالآجُرُّومِيَّة‎) adalah sebuah kitab kecil tentang tata bahasa Arab dari abad ke-7 H/13 M. Kitab ini disusun oleh ahli bahasa dari Maroko yang bernama Abu Abdillah Sidi Muhammad bin Daud Ash-Shanhaji alias Ibnu Ajurrum (w. 1324 M). Rumus-rumus dasar pelajaran bahasa Arab klasik ditulis dengan bentuk berima untuk memudahkan dalam menghapal. Di lingkungan masyarakat Arab kitab ini menjadi salah satu kitab awal yang dihapalkan selain Al-Qur'an.

Di kalangan pesantren tradisional, Kitab Matan al-Ajurrumiyyah merupakan textbook tentang ilmu nahwu (gramatika Bahasa Arab) yang sangat terkenal. Hampir setiap santri yang menimba ilmu di pesantren tradisional mengawali pelajaran tentang bahasa Arab melalui kitab ini dan merupakan kitab dasar yang menerangkan gramatikal bahasa arab yang wajib dihafalkan oleh santri agar bisa naik ke kelas selanjutnya.

Kitab ini merupakan kitab standar yang merupakan dasar dari pelajaran bahasa Arab. Dalam praktiknya di dunia pesantren, kitab tersebut sering disebut dengan nama Jurrumiyyah. Penamaan tersebut tidak persis sama dengan nama asli kitab tersebut, karena judul lengkap kitab tersebut adalah al-Muqaddimah al-Ajurrumiyyah fi Mabadi’ Ilm al-Arabiyyah.

Terjemahan kitab Jurumiyah ini diterjemahkan oleh Al Faqiir Ila Allah Abu Abdin Nafi’ Khairul Umam Ibnu Syahruddin Al Batawy Dimulai hari senin, 12 Juni 2006 Selesai hari selasa 13 Juni 2006, Pkl 09:51. Semoga bermanfaat.


Silahkan untuk link download ada disini. DOWNLOAD KITAB JURUMIYAH

Tidak ada komentar: