Kamis, 05 Mei 2022

GUS BAHA : HUKUM MEROKOK

Merokok sampai saat ini masih menjadi perdebatan antar ulama. Jika banyak ulama seperti halnya Ustaz Abdul Somad (UAS), Ustaz Khalid Basalamah dan Ustaz Adi Hidayat yang mengharamkan rokok, berbeda dengan Gus Baha.



Gus Baha belum berani memutuskan apakah rokok itu hukumnya haram atau tidak. Sebab kata Gus Baha rokok sendiri masih sulit untuk dikategorikan sebagai makanan atau minuman.


Gus Baha juga menyebut, dirinya selalu kalah jika berdebat soal hukum rokok di kalangan keluarganya.


"Kalau mbah Nafi, masih eyang saya. Pernah bertanya Ha, rokok itu haram atau tidak. Kalau saya bilang haram bagaimana mbah? Terus mbah saya menjawab, lah iya, kalau haram benar saya. Makanya saya bakar, barang haram baiknya dibakar," kata Gus Baha.


"Ada satu kyai lagi, masih sepupu mbah Nafi bilang. Ini ada rokok dua, bagi yang nggak merokok. Berarti dia membiarkan dua barang haram. Bagi yang merokok berarti dia menghilangkan barang haram,"


"Jadi saya dengan orang-orang tua itu nggak pernah menang," kata gus baha. 


Wallahu a'lam. 

Tidak ada komentar: