Selasa, 09 April 2013

MATERI MUATAN LOKAL KEAKSARAAN FUNGSIONAL PKBM TARBIYYATUL AULAAD BERBASIS PESANTREN


BAB I
RUKUN ISLAM
Rukun islam adalah pokok utama dalam agama islam. Semua manusia yang beragama islam harus berpegang teguh pada syari’at Allah swt demi keselamatan dunia dan akhirat. Untuk mendapatkan kebahagiaan dunia harus rajin belajar dan bekerja sedangkan untuk mendapatkan kebahagiaan akhirat wajib melaksanakan perintah-perintah Allah dan ajaran Rasulullah.
Agama islam dibangun atas lima landasan yang kuat yakni rukun islam yaitu :
1.      Syahadat
2.      Sholat
3.      Zakat
4.      Puasa
5.      Haji

1. SYAHADAT
Syahadat artinya pengakuan atau kesaksian. Adapun lafal syahadat adalah “Asyhadu alla ilaa haillallah wa asyhadu anna muhammmadarrasulullah.”  artinya “aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Allah.

2. SHOLAT
Sholat adalah tiang agama merupakan sebuah bentuk  doa atau pengabdian kepada Allah. Sholat tersusun dari gerakan-gerakan dimulai dari takbiratul ihrom dan diakhiri dengan salam.
a. Syarat Wajib Sholat
·         Orang islam
·         Berakal
·         Baligh
b. Syarat Sah Sholat
Ø  Suci dari hadast kecil dan besar
Ø  Suci badan, pakaian dan tempat dari najis
Ø  Menutup aurat
ü  Aurat laki-laki antara pusar dan lutut
ü  Aurat perempuan seluruh badan kecuali muka dan telapak tangan
Ø  Sudah masuk waktu sholat
Ø  Menghadap kiblat
c. Rukun Sholat
1.      Niat
2.      Berdiri bila mampu
3.      Takbiratul ihrom
4.      Membaca fatihah pada setiap raka’at sebelum ruku’
5.      Ruku’ dengan thuma’ninah
6.      I’tidal denagn thuma’ninah
7.      Sujud dengan thuma’ninah
8.      Duduk diantara dua sujud dengan thuma’ninah
9.      Duduk tahiyyat akhir
10.  Membaca tahiyyat akhir
11.  Membaca sholawat nabi ketika tahiyyat akhir
12.  Salam
13.  Tertib
d. Gambar-Gambar Orang Sholat
e. Perkara Yang Membatalkan Sholat
Ø  Berhadast, baik hadast besar maupun kecil
Ø  Terkena najis
Ø  Terbuka aurat
Ø  Belum masuk waktu sholat
Ø  Sengaja berbicara atau berkata
Ø  Makan dan minum walau sedikit
Ø  Meninggalkan salah satu rukun sholat
f. Waktu Sholat fardhu
1.      Sholat subuh
Shalat subuh ada dua raka’at. Waktu mengerjakanya yaitu saat terbit fajar shodiq dan berlangsung hingga terbitnya matahari. Disunatkan untuk sholat diawal waktu.

2.      Sholat Duhur
Sholat duhur ada empat raka’at. Waktu mengerjakannya yaitu bermula dari tergelincirnya matahari dari tengah-tengah langit sampai bayangan sesuatu itu sama panjang dengan selain bayangan sewaktu tergelincir. Disunatkan untuk mengundurkan sholat duhur dari awal waktu yang masih amat panas.

3.      Sholat ‘ashar
Sholat ‘ashar ada empat raka’at. Waktu mengerjakanya bermula dari bayang-bayang suatu benda itu telah sama panjang dengan benda itu sendiri sampai terbenamnya matahari. Waktu fadilah atau utama ialah pada awal waktunya.

4.      Shalat maghrib
Shalat maghrib ada tiga raka’at. Waktunya bermula dari terbenamnya matahari sampai terbenamnya awan merah.
5.      Sholat isya
Sholat isya ada empat raka’at. Waktunya bermula dari lenyapnya awan merah dan berlangsung hingga seperdua malam. Disunatkan untuk mengundurkan sholat isya dari awal waktunya.
g. Sholat Berjamaah
Ø  Hukum
hukum sholat berjamaah adalah fardlu kifayah bagi kaum laki-laki yang tinggal menetap. Sholat lima waktu bagi laki-laki, berjamaah dimasjid lebih baik daripada dirumah. Sedangkan bagi perempuan sholat dirumah lebih baik karena lebih aman.

Sabda Rasulullah SAW “hai manusia shalatlah kamu dirumah masing-masing, sesungguhnya sebaik-baik sholat adalah sholat seseorang dirumahnya, terkecuali sholat lima waktu maka dimasjid lebih baik (HR. Bukhori dan Muslim).”

Sabda Rasulullah SAW “janganlah kamu larang perempuan-perempuan kemasjid, walaupun rumah mereka lebih baik bagi mereka buat beribadah (HR> Abu Daud).”

Ø  Syarat sholat jamaah
§  makmum mengikuti imam
§  makmum mengetahui gerakan imam
§  makmum berada dibelakang imam
§  makmum berada didekat imam
§  antara makmum dan imam tidak ada penghalang

Ø  Hikmah sholat jamaah
ü  Pahala yang berlipat menjadi 27 kali
ü  Meningkatkan persaudaraan diantara umat muslim
ü  Menghilangkan perbedaan kasta
ü  Membiasakan disiplin waktu
ü  Menambah semarak masjid

3. ZAKAT
Zakat adalah mengeluarkan atau memberikan sebagian harta kemudian diberikan kepada orang yang berhak menerimanya. Zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap muslim yang merdeka dan memeiliki kelebihan makanan pokok untuk diri sendiri diri sendiri atau keluarga. Sedangkan orang yang berhak menerima zakat ada delapan golongan yaitu :
1.      Fakir adalah orang yang tidak memiliki harta danpekerjaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.
2.      Miskin adalah orang yang memiliki harta dan pekerjaan tapi tidak mencukupi kebutuhan pokoknya
3.      Amil adalah panitia zakat atau orang yang bertugas membagikan zakat
4.      Muallaf adalah orang baru masuk islam
5.      Riqob adalah budak yang dijanjikan untuk dimerdekakan jika mampu menebus dirinya
6.      Ghorim adalah orang yang memiliki banyak hutang dan tidak sanggup membayarnya
7.      Sabilillah adalah orange yang berjuang untuk agama Allah
8.      Ibnu sabil atau musafir adalah orang yang melakukan perjalanan jauh
Allah berfirman dalam surat At-taubah : 60
“sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, miskin, pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan allah dan orang-orang yanga ada dalam perjalanan.” (Q>.S At-Taubah : 60)

4. PUASA
Puasa dalam agama islam artinya menahan diri  dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Perintah puasa difirmankan Allah dalam Al-quran surat al-baqoroh ayat 183.
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu untuk berpuasa dimana telah diwajibkan kepada orang sebelum kamu, supaya kamu bertakwa”. (Q.s Al-Baqoroh: 183)
a.       Jenis-jenis puasa

·         Puasa yang hukumnya wajib
ü  Puasa ramadhan
ü  Puasa nazar
ü  Puasa kifarat atau denda
·         Puasa yang hukumnya sunah
ü  Puasa enam hari dibulan syawal
ü  Puasa ‘arafah
ü  Puasa senin-kamis
ü  Puasa daud
ü  Puasa ‘asyura

b.      Rukun puasa
·         Niat
·         Meninggalkan segala hal yang membatalkan puasa

c.       Hal-hal yang dapat membatalkan puasa
·         Memasukan sesuatu ke dalam rongga tubuh secara disengaja
·         Muntah dengan sengaja
·         Haid dan nifas
·         Bersetubuh dengan istri ketika berpuasa
·         Keluar mani dengan sengaja
·         Keluar dari agama islam
·         Gila

d.      Hari-hari yang diharamkan puasa
o   Berpuasa pada hari raya idul fitri (1 syawal)
o   Berpuasa pada hari raya idul adha (10 dzulhijjah)
o   Berpuasa pada hari-hari tasyriq (11, 12, 13 Dzulhijjah)

e.       Manfaat puasa
o   Meningkatkan iman dan takwa
o   Melatih manusia untuk sabar
o   Menjaga kesehatan
o   Melatih kedisiplinan
o   Berlatih menahan hawa nafsu

5. HAJI
Rukun islamyang kelima adalah mengerjakan ibadah haji ketanah suci mekkah. Ibadah haji dilakukan dengan cara-cara dan aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam agama islam. Ibadah haji wajib dilakukan oleh orang yang mampu yaitu orang yang bisa mencukupi biaya perjalanan dan biaya untuk keluarga yang ditinggalkan.
a.       Rukun haji
o   Ihrom beserta niat
o   Wuquf diarafah
o   Thowaf mengelilingi ka’bah
o   Sa’i berlari-lari kecil antara sofa dan marwa tujuh kali

b.      Hal-hal yang haram dilakukan ketika haji
o   Memakai pakaian yang berjahit
o   Menutup kepala bagi laki-laki dan menutup wajah bagi peempuan
o   Memotong rambut
o   Memotong kuku
o   Memakai wewangian
o   Membunuh hewan
o   Nikah
o   Jima’
o   Bersentuhan disertai syahwat

 SEMOGA BERMANFAAT

PELAKSANAAN PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL DASAR


Program keaksaraan fungsional dasar dilaksanakan dibeberapa wilayah Indonesia. Program keaksaraan dilaksanakan dengan berbagai metode dan pendekatan oleh lembaga dengan tujuan memberikan ketertarikan warga belajar. Metode dan pendekatan yang dilakukan pun berbeda-beda sesuai dengan desain konteks lokal dari keberadaan penyelenggaraan program. Program keaksaraan pun diikuti dengan kegiatan fungsional seperti, membuat berbagai macam kue, budidaya belut ataupun kegiatan peningkatan keterampilan hidup warga belajar. Perbedaan metode dan pendekatan yang dilakukan oleh lembaga berpedoman kepada Standar Kompetensi Keaksaraan Dasar (SKKD) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).


 FUNGSI DAN TUJUAN

Berdasarkan teori yang para ahli, keaksaraan Fungsional memiliki fungsi mengembangkan kemampuan dasar manusia yang meliputi kemampuan membaca, menulis dan berhitung yang bersifat fungsional dalam meningkatkan mutu dan taraf kehidupan dan masyarakatnya. “Tujuan utama program keaksaraan fungsional adalah membelajarkan warga belajar agar dapat memanfaatkan kemampuan dasar baca, tulis, dan hitung (calistung) dan kemampuan fungsionalnya dalam kehidupan sehari-hari.

     Keaksaraan fungsional memiliki tujuan:
1.      Membelajarkan masyarakat yang buta aksara usia 15 tahun ke atas agar memiliki keterampilan  membaca,   menulis, berhitung, mendengar dan berkomunikasi teks lisan dan tertulis dengan menggunakan aksara dan angka dalam bahasa Indonesia. 
2.      Memperluas akses penyelenggaraan program pendidikan keaksaraan. 
3.      Meningkatkan keberdayaan penduduk buta aksara usia 15 tahun ke atas melalui peningkatan pengetahuan sikap dan keterampilan serta berusaha secara mandiri. 
4.      Membantu meningkatkan indek pembangunan Indonesia melalui peningkatan angka melek aksara secara nasional.  
5.      Program pembelajaran dikembangkan atas dasar masalah, minat dan kebutuhan warga belajar. Materi belajarnya didasarkan pada hal-hal tersebut, serta mencakup kegiatan yang dapat membatu mereka dalam mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya, diutamakan CALISTUNG.
Tujuan akhirnya adalah bagaimana membuat setiap warga belajar dapat memotivasi dan memberdayakan dirinya, meningkatkan taraf hidupnya, mandiri, serta bagaimana menciptakan masyarakat yag gemar belajar (Learning Society).

Materi dalam program KF ini dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu:
·         Tahap Pemberantasan
Membaca
1. Mengenal huruf vokal (a, i, u,e,o)
2. Mengenal beberapa huruf konsonan ( b,c,d,e, d1l)
3. Membedakan vokal dan konsonan
4. Merangkai huruf menjadi kata (2-3 SK), dan masih dibantu orang lain
5. Membaca kata dengan dieja
6. Membaca kalmat tanpa memperhatikan tanda baca
7. Membaca kalimat dengan benar
8. Mengetahui istilah berdasarkan tempat susunan kata (dengan kata-kata yang familiar)

Menulis
1. Menulis Hama sendiri
2. Menulis beberapa kata, tapi masih perlu bantuan orang
3. Mencontoh/menyalin tulisan orang lain
4. Menulis kata/kalimat yang sudah dikenal
5. Menulis satu kalimat dengan bantuan orang lain
6. Menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca (?, .)
7. Menulis kalimat dengan meng-gunakan huruf besar dan kecil (belum beraturan)
8. Menulis beberapa kalimat repetisi (± 3 baris dengan 3–5 kata )

Berhitung
1. Mengenal angka satuan, puluhan, ratusan, ribuan dengan melihat uang.
2. Mengenal simbol operasional ( +, - )
3. Menghitung bilangan dengan menggunakan satu simbul +1 -, x,
4. Mengenal ukuran panjang
5. Mengenal ukuran berat
6. Mengenal ukuran takaran
Keterangan : Masih perlu bantuan Tutor dan warga belajar lainnya

·         Tahap Pembinaan
Membaca
1.Biodata, KTP
2.Kartu Keluarga
3.Formulir
4.Kalender
5.Jadwal
6.Menu Masakan
7.Resep Masakan
8.Pengumuman
9.Tulisan orang lain
0.Surat yang ditulis orang lain
I.Daftar harga
2.Kuitansi/faktur
3.Iklan
4.Membaca pada label/kemasan
5.Petunjuk kegiatan
6.Rambu-rambu lalu lintas seder-hang
7.Buku agama.

Menulis
1.Nama anggota keluarga
2.Biodata / KTP
3.Kartu Keluarga
4.Formulir
5.Menulis benda-benda yang dikenalnya.
6.Menulis surat sederhana
7.Kegiatan sehari-hari
8.Resep masakan
.Pembukuan sederhana
0.Karangan/artikel sederhana
1.Petunjuk kegiatan/keteram-pilan tertentu
2.Daftar kebutuhan sehari-hari
3.Menulis rencana kegiatan

Berhitung
1.Mengisi kwitansi bilangan
2.Membuat daftar belanja
3.Membuat kalkulasi harga
4.Membuat kalkulasi keuntungan
5.Membuat pembukuan sederhana
6.Mengukur panjang kayu, lugs tanah, membuat pola, baju, dll
7. Menimbang barang dagangan
8. Mengukur takaran minyak, bergs, dan lain-lain
9. Mengambil uang di bank dan lembaga keuangan lainnya
0. Meminjam uang dari bank atau lembaga keuangan lainnya
1. Membuat arisan yang sederhana di koperasi
Keterangan : Perlu sedikit bantuan dari Tutor

·         Tahap Pelestarian
Membaca
1.Membaca surat-surat pribadi
2.Membaca surat kabar (bagian tertentu )
3.Membaca majalah tertentu
4.Membacakan suatu bahan bacaan kepada anak-anak
4. Membaca catatan/surat dari dan untuk sekolah
5. Membaca buku hiburan (jenis: petualangan,misteri, roman, sejarah dan buku-buku tentang masyarakat
6. Membaca buku-buku untuk mendapatkan informasi kisah nyata, pekerjaan, anak-anak, kesehatan, agama, hobby dan hiburan dll.

Menulis
1.Menulis atau mengisi formulir
2. Menulis surat-surat pribadi
3. Meningkatkan kemampuan tulisan tangan
4. Menuliskan surat untuk keperluan sekolah anak-anak
5. Menulis catatan/surat dari dan untuk sekolah
6. Menulis keperluan diri sendiri (seperti : jurnal atau catatan harian, pengalaman diri, nasehat, pendapat, laporan yang pernah dibacanya, riwayat hidup, cerita-cerita, sajak dan syair lagu)
7. Menulis catatan catatan atau surat dari dan atau ke relasi kerja.
8. Menulis laporan pekerjaan, Tabel, dan pengumuman

Berhitung
I.Menghitung kebutuhan rumah tangga
2. Menghitung kebutuhan kesehatan
3. Menghitung kebutuhan sekolah
4. Menghitung kebutuhan modal usaha membuat proposal) dll

Sarana dan Prasarana
Sarana dan Prasarana Pendukung Yang Dimiliki
Sarana / prasarana belajar yang telah disediakan diantaranya :
a. Papan tulis
b. ATK Warga Belajar, Tutor dan Kelompok Belajar.
c. Modul dan bahan belajar lainnya.
d. Papan Nama Kelompok Belajar.
e. Sarana Administrasi, meliputi :
ü  Daftar Hadir Warga Belajar
ü  Daftar Hadir Tutor  
ü  Buku Tamu
ü  Buku Administrasi Kelompok Belajar
ü  Buku Rencana Kegiatan Program Pelakanaan Fungsional
ü  Jadwal Belajar/Pertemuan.
ü  Buku harian Konsultasi antara Warga Belajar dengan Tutor
ü  Buku harian untuk menulis laporan kemajuan Warga Belajar.

Strategi Pembelajaran Keaksaraan Fungsional
Hakikatnya warga belajar keaksaraan fungsional merupakan tergolong dalam orang dewasa. ”Strategi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan hendaknya mengikuti kaidah-kaidah pendidikan orang dewasa (Andragogi). Kaidah-kaidah pendidikan orang dewasa yang dimaksud adalah:
1.      Pembelajaran harus berorientasi pada masalah(problem oriented).
2.      Pembelajaran harus berorientasi pada pengalaman pribadi warga belajar (experiences oriented).
3.      Pembelajaran harus memberi pengalaman yang bermakna (meaningfull) bagi warga belajar.
4.      Pembelajaran harus memberi kebebasan bagi warga belajar sesuai dengan minat, kebutuhan dan pengalamannya.
5.      Tujuan pembelajaran harus ditetapkan dan disetujui oleh warga belajar melalui kontrak belajar(learning contract).
6.      Warga belajar harus memperoleh umpan balik(feedback) tentang pencapaian hasil belajarnya.
Pembelajaran pada orang dewasa juga harus berorientasi pada pengalaman warga belajar itu sendiri. Hasil dari pengalaman itu yang menentukan ide, pendirian dan nilai dari orang yang bersangkutan. Pikiran, ide, pengalaman dan informasi yang terdapat diri warga belajar harus dikembangkan sehingga akan membantu perkembangan atau kemajuan belajarnya. Pengalaman merupakan sumber yang kaya untuk dipelajari. Oleh karena itu, orientasi belajar orang dewasa berkaitan dengan erat dengan keinginan dan ketetapannya untuk mengarahkan diri sendiri menuju kedewasaan, dan kemandirian agar pembelajarannya bermakna.

Hakikat tujuan belajar merupakan pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Tetapi dalam proses belajar orang dewasa harus sesuai dengan kontrak belajar yang telah disepakati. Kondisi tersebut dapat menciptakan suasana belajar lebih kondusif.

Senin, 01 April 2013

NAMAKU DUIT ALIAS UANG BUKAN TUHAN



Wajahku biasa saja, fisikku juga lemah, namun aku mampu merombak tatanan dunia. Aku juga "bisa" merubah Perilaku, bahkan sifat Manusia' karena manusia mengidolakan aku. Banyak orang merubah kepribadiannya,­­­­ mengkhianati teman, menjual tubuh, bahkan meninggalkan keyakinan imannya, demi aku!

NAMAKU DUIT ALIAS UANG


Aku tidak mengerti perbedaan orang saleh dan bejat, tapi manusia memakai aku menjadi patokan derajat, menentukan kaya miskin dan terhormat atau terhina. Aku bukan iblis, tapi sering orang melakukan kekejian demi aku. Aku juga bukan org ketiga, tapi banyak suami istri pisah gara2 aku. Keluarga harmonis menjadi berantakan gara2 aku. Anak dan orangtua berselisih gara2 aku.


Sangat jelas juga aku bukan Tuhan, tapi manusia menyembah aku seperti Tuhan, bahkan kerap kali hamba-hamba Tuhan lebih menghormati aku, padahal Tuhan sudah pesan jgn jadi hamba uang. Seharusnya aku melayani manusia, tapi kenapa malah manusia mau jadi budakku?

NAMAKU DUIT ALIAS UANG

Aku tidak pernah mengorbankan diriku untuk siapa pun, tapi banyak orang rela mati demi aku. Perlu aku ingatkan, aku hanya bisa menjadi alat bayar resep obat anda, tapi tdk mampu memperpanjang hidup anda. Kalau suatu hari anda dipanggil Tuhan, aku tdk akan bisa menemani anda, apalagi menjadi penebus dosa2 anda, anda harus menghadap sendiri kepada sang Pencipta lalu menerima penghakimanNYA.

Saat itu, Tuhan pasti akan hitung-hitungan dengan anda, APAKAH SELAMA HIDUP ANDA MENGGUNAKAN aku dengan baik, atau sebaliknya MENJADIKAN aku sebagai TUHAN?

Ini informasi terakhirku: 

AKU TIDAK ADA DI SURGA, Jadi jangan cari aku disana.

Rabu, 27 Maret 2013

DIAMONDS I RIHANNA

I
Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian

Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian


II
Find light in the beautiful sea
Temukan cahaya di laut yang indah

I choose to be happy
Aku memilih untuk bahagia

You and I, you and I
Kau dan aku, kau dan aku

We're like diamonds in the sky
Kita sepert berlian di langit


III
You're a shooting star I see
Kau adalah bintang jatuh yang kulihat

A vision of ecstasy
Penglihatan kebahagiaan

When you hold me, I'm alive
Saat kau mendekapku, aku merasa hidup

We're like diamonds in the sky
Kita seperti berlian di langit


IV
I knew that we'd become one right away
Aku tahu kita tlah menjadi satu begitu saja 

Oh, right away
Oh, begitu saja

At first sight I felt the energy of sun rays
Pada pandangan pertama tlah kurasakan energi sinar mentari

I saw the life inside your eyes
Kulihat hidup di dalam matamu


V
So shine bright, tonight you and I
Maka bersinarlah terang, malam ini kau dan aku

We're beautiful like diamonds in the sky
Kita indah seperti berlian di langit

Eye to eye, so alive
Empat mata, begitu bahagia

We're beautiful like diamonds in the sky
Kita indah seperti berlian di langit


VI
(2x)
Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian

Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian

Shining bright like a diamond
Bersinar terang seperti berlian

We're beautiful like diamonds in the sky
Kita indah seperti berlian di langit


VII
Palms rise to the universe
Telapak terangkat ke semesta

As we moonshine and molly
Saat kita bercengkrama

Feel the warmth, we'll never die
Rasakan kehangatan, kita takkan pernah mati

We're like diamonds in the sky
Kita seperti berlian di langit


Back to III, IV, V, VI

Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian

Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian

Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian


Back to V

(7x)
Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian