Senin, 25 Desember 2017

Jauhi Prasangka Buruk Terhadap Saudaramu

Setiap manusia ada dua sisi yang dimilikinya, hitam dan putih. sebagaimana ada dua malaikat yang setia mencatat setiap ke hitam an dan ke putih an amal kita. Hitam dan Putih manusia tidak bisa lepas karena manusia adalah tempatnya lupa dan khilaf.

khilaf dapat dibersihkan melalui taubat. Allah swt telah menjamin hambanya yang mau bertaubat maka akan diampuni segala dosa-dosa yang diperbuat karena kelalaiannya atau kesengajaannya.

Sudah semestinya sesama manusia tidak boleh berprasangka buruk, karena apa yang dianggap buruk oleh manusia belum tentu buruk di hadapan Allah swt. Jauhi prasangka buruk tapi ambilah pelajaran dari setiap kejadian yang menimpa diri kita atau saudara-saudara kita. Prasangka buruk sering kali menimbulkan rasa iri, amarah dan kebencian. 

Apapun Setiap kesalahan manusia pasti disediakan pintu taubat dari Allah swt. Prasangka buruk kepada sesama akan menimbulkan kesombongan dalam diri kita, merasa diri sendiri baik daripada orang lain itu merupakan sebuah penyakit hati yang sangat membahayakan. 

Mendoakan sesama manusia agar selalu dalam rahmatNYA itu jauh lebih baik daripada menyangka-nyangka buruk orang lain. Berintropeksi diri jauh lebih disarankan daripada menilai-nilai baik buruk orang lain. Semoga hati kita selalu dibersihkan dari yang namanya penyakit hati. Aamiin.

Tidak ada komentar: