Jumat, 19 April 2019

Filosofi Bacaan Qolqolah ~ Masalah Dalam Kehidupan

Qolqolah artinya goncangan atau pantulan suara dengan tiba-tiba sehingga terdengar suara membalik. Bacaan qolqolah ada qolqolah shugra dan qolqolah kubro. Shugra artinya kecil dan kubro artinya besar. 

Hidup ini seperti qolqolah. Artinya dalam kehidupan didunia ini manusia tidak bisa lepas dari goncangan-goncangan atau permasalahan-permasalahan kehidupan. Roda dunia selalu berputar adakalanya hidup diatas adakalanya terbalik menjadi dibawah. Baik itu masalah kecil atau masalah besar.

Manusia mempunyai masalah merupakan sebuah keniscayaan tapi tidak semua manusia mempu menyelesaikan masalahnya dengan bijak. Maka jangan katakan pada Allah aku punya masalah, tetapi katakan pada masalah AKU PUNYA ALLAH Yang Maha Segalanya”. 

Ada berbagai macam masalah yang bisa dialami oleh seseorang. Semua macam masalah itu ada yang bisa mendewasakan seseorang, menguatkan keimanan, dan menambah kesabaran. Ada Juga masalah yang timbul akibat dari sifat yang dimiliki seseorang sehingga dapat merugikan orang lain.  

Huruf-huruf qolqolah ada 5, yaitu: Qof (ٌق), Tho’ (ط), Baa’ (ب), Jiem (ج), dan Dal (د).

Seperti halnya huruf qolqolah yang bergoncang maka manusia akan mendapati goncangan atau permasalahan yang cenderung bisa merugikan orang lain jika mempunyai karakater atau sifat seperti huruf qolqolah :

1. ق - قسوة
Qoswah artinya kekejaman, kebiadaban, kebengisan dan kekasaran. Jelas sekali jika manusia berlaku biadab dan kejam maka dia akan sering mendapati masalah. 

2. ط - طمع
Thoma' artinya kerakusan, ketamakan dan keserakahan. Manusia jika sudah serakah dan tamak tidak akan mendapatkan ketenangan. Jika sudah tidak tenang pasti akan melakukan keonaran. Jika sudah berlaku onar segala masalah akan menimpa dirinya.

3. ب - بلادة
Biladah artinya Ketololan, kedunguan, kebodohan dan kemalasan. Akan sulit bagi seorang manusia yang seperti ini untuk bisa menyelesaikan segala permasalahanya. Semakin menumpuk masalahnya karena sifatnya ini.

4. ج - جدال
Jidal artinya perdebatan, perselisihan dan perbantahan. Sudah sangat umum sekali bagi orang yang suka berselisih selalu akan mendapati masalah. Hal ini tidak diragukan lagi. Hindari perselisihan agar tidak timbul masalah. 

5. د - دجال
Dajjal artinya pendusta, penipu dan pemalsu. Dimana ada orang yang suka menipu maka bersiaplah menerima segala masalah yamg akan menimpanya.

Semoga kita dalam mempunyai masalah bukan karena hal-hal diatas seperti huruf qolqolah. Kita tidak akan pernah bisa lepas dari masalah tapi setidaknya masalah kita adalah masalah yang bukan merugikan atau menyakiti orang lain. Wallahu A'lam.

Tidak ada komentar: