1. Salah satu asas dalam hukum islam adalah hifzhul maal artinya adalah....
A. melindungi agama
B. melindungi diri/nyawa
C. melindungi harta/properti
D. melindungi kehormatan
Jawaban: C
2. Berikut ini tahap-tahap perkembangan dan pertumbuhan hukum Islam, kecuali....
A. masa Nabi Muhammad SAW
B. masa Khulafa’ al-Rasyidin
C. masa Kelesuan dan Pemikiran
D.masa modernisasi sampai sekarang
Jawaban: D
A. amar dan nahyi
B. amar dan ma'ruf
C. amal dan ilmu
D. amar dan amal
Jawaban: A
4.Ditemukan dalam Al Qur’an, Allah memerintahkan manusia dalam berbagai bentuk bahasa, berikut ini bentuk
bahasa yang digunakan, kecuali….
A. sharih
B. kinayah
C. mujmal
D. muhkamah
Jawaban: D
5. Kelompok sosial yang biasanya berpusat pada keluarga batih ditambah dengan beberapa warga lain yang tinggal
dan hidup bersama dalam satu rumah sehingga merupakan ke dalam dan ke luar". Penjelasan ini dalam hukum islam
merupakan pengertian dari...
A. rumah tangga
B. keluarga
C. tetangga
D. batih
Jawaban: A
6. Kriteria mencari calon pasangan yang dianjurkan oleh Rasulullah adalah sebagai berikut, kecuali….
A. karena cintanya.
B. karena cantiknya
C. karena hartanya
D. karena keturunannya
Jawaban: A
7. Berikut ini adalah orang-orang yang dibebaskan dari pertanggungjawaban hukum, kecuali....
A. anak kecil sebelum dewasa
B. orang yang tidur
C. orang yang hilang kesadarannya (orang gila)
D. orang yang lagi puasa
Jawaban: D
8. Berikut ini adalah penjelasan tentang hukum syariat, kecuali....
A. terdapat dalam Al Quran dan kitab–kitab hadits
B. syariat bersifat fundamental
C. syariat berlaku abadi
D. syariat hasil pemikiran manusia
Jawaban: D
9. Para ahli hukum Islam mengelompokkan ayat Al Qur’an dalam kategori, yaitu….
A. qath’i dan zhanni
B. sharih dan mujmal
C. ‘am dan khas
D. sharih dan ‘am
Jawaban: D
10. Pada abad perkembangan ilmu pengetahuan teknologi modern seperti sekarang ini, pernah berkembang suatu
faham (aliran) yang disebut dengan Inkar Sunnah. Pandangan semacam ini sejak abad I Hijriah telah ada, dengan
sebutan….
A. faham Syafi’iyah
B. faham Malikiyah
C. faham Hambaliyah
D. faham Zhahiriah
Jawaban: B
11. Yang dimaksud dengan Sunnah Rasul adalah….
A. segala tindak-tanduk Rasul, baik berupa ucapan, dan perbuatan
B. segala tindak-tanduk Rasul, baik berupa ucapan, perbuatan dan sikap
C. segala tindak-tanduk Rasul, baik berupa perbuatan maupun sikap hidupnya
D. segala tindak-tanduk Rasul, baik berupa sikap hidup dan perbuatan
Jawaban: B
12. Secara ringkas fungsi Sunnah Rasul dalam hubungannya dengan transformasi nilai antara lain sebagai berikut,
kecuali….
A. Penyampai kalamullah (Al Qur’an)
B. Penjelasan makna Al Qur’an
C. menetapkan hukum yang tidak dijelaskan di dalam Al Qur’an
D. Sunnah Rasul sebagai sumber hukum pertama dalam hukum islam
Jawaban: D
13. Uswah sebagai gaya hidup ideal Rasulullah merupakan cermin keteladanan. Di antara hal-hal berikut yang tidak
termasuk dalam prinsip uswah adalah ….
A. perilaku Rasul dalam seluruh kehidupan sebagai keteladanan
B. sesuai antara perkataan dengan perbuatan
C. memaksakan penafsiran liberal terhadap Sunnah Rasul
D. dalam konteks hukum menegakkan keadilan secara objektif
Jawaban: C
14. Secara etimologi nikah artinya ....
A. pertikaian
B. perebutan
C. perselingkuhan
D. kumpulan/pergaulan
Jawaban: D
15. Jika ahli waris dari pihak laki-laki hidup semua, maka yang mendapat harta pusaka dari mereka hanya tiga orang
saja yaitu bapak, anak laki-laki dan ....
A. sepupu laki-laki
B. suami
C. keponakan laki-laki
D. adik laki-laki
Jawaban: B
16. Saudara seibu tidak mendapat waris karena ada orang-orang yang disebutkan di bawah ini, kecuali....
A. anak, baik laki-laki dan perempuan
B. anak dari anak laki-laki, baik laki-laki maupun perempuan
C. bapak
D. istri
Jawaban: D
17. Berikut ini yang tidak mendapatkan sisa harta dari pembagian harta waris adalah ….
A. anak laki-laki
B. anak perempuan
C. suami dan istri
D. bapak dan ibu
Jawaban: C
18. Secara etimologis kata zakat berakar pada kata: zakia, yazka-tazkiyan yang artinya, kecuali ….
A. membangun
B. menumbuhkan
C. membersihkan
D. merombak
Jawaban: D
19. Pernikahan asal hukumnya mubah (boleh), tetapi selanjutnya hukum itu sangat tergantung kepada kondisi atau
keadaan orang yang bersangkutan. Nikah bagi orang yang telah cukup sandang pangan dan dikhawatirkan
terjerumus kepada perzinaan, hukumnya adalah....
A. wajib
B. sunah
C. haram
D. makruh
Jawaban: A
20. "Hai sekalian pemuda! Siapa saja diantara kamu yang mampu (biaya untuk) menyalurkan syahwat (jima’) maka
beristrilah, karena dengan beristri lebih menenangkan pandangan mata, dan lebih menyucikan kehormatan. Dan
siapa yang belum mampu hendaklah berpuasa, karena puasa itu adalah obat baginya.” Ungkapan di atas ini adalah....
A. al-qur’an
B. hadits
C. ijma
D. kias
Jawaban: B
21. Di antara wanita yang haram dinikahi adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. keponakan
B. anak paman/bibi
C. bibi
D. mantan ibu tiri
Jawaban: B
22. Berikut ini adalah rukun pernikahan, kecuali....
A. calon pasangan
B. wali
C. dua orang saksi
D. orang tua
Jawaban: D
23. Berikut ini adalah macam thalak, kecuali....
A. thalak sunni
B. thalak sarih
C. thalak raj 'i
D. thalak satu
Jawaban: D
24. Lamanya masa iddah bagi seorang perempuan dijelaskan bahwa perempuan yang masih mengalami haid secara
normal, iddahnya tiga kali suci. Hal ini dijelaskan dalam Al-qur’an surat....
A. Al-Baqarah ayat 226
B. Al-Baqarah ayat 227
C. Al-Baqarah ayat 228
D. Al-Baqarah ayat 229
Jawaban: C
25. Masa menunggu bagi wanita yang dithalak oleh suaminya sampai ia dapat menikah kembali dengan laki-laki yang
lain, dalam hukum islam dikenal dengan istilah....
A. iddah
B. nikah
C. thalak
D. rujuk
Jawaban: A
26. Hak yang diselesaikan terlebih dahulu berkaitan dengan harta si mayat yaitu ...
A. hutang dan piutang
B. wasiat dan hibah
C. infaq dan sadaqah
D. zakat dan sewa
Jawaban: A
27. Seperangkat aturan yang ditetapkan melalui firman-Nya yang diwahyukan kepada umat manusia melalui Rasul-
Nya. Aturan tersebut ada yang lafal dan maknanya langsung dari Allah (itulah yang disebut dengan Al Quran) dan ada
pula aturan yang lafalnya berasal Rasul yang maknanya dari Allah (inilah yang disebut Sunnah Rasul). Pengertian ini
dalam hukum islam sebagai definisi dari....
A. kitab
B. khitab
C. thalab
D. takhyir
awaban: B
28. Dalam sistem hukum Islam terdapat lima kaidah yang dipergunakan untuk mengukur perbuatan manusia baik di
bidang ibadah maupun di bidang mu’amalah. Kelima jenis kaidah tersebut, dinamakan....
A. al-ahkam al-arbaah
B. al-ahkam al-khamsah
C. al-ahkam al-tsalitsah
D. al-ahkam al-sittah
Jawaban: B
29. Menurut Imam Syafi’i, tata urutan sumber hukum adalah sebagai berikut, kecuali…
A. Al Qur’an dan al-Sunnah
B. Bila tidak ada dalam Al Qur’an dan al-Sunnah, ia berpindah ke ijma
C. Pendapat sebagian sahabat Nabi yang tidak di perselisihkan
D. Pendapat para sahabat apabila mereka berbeda pendapat.
Jawaban: D
30. Dalam dalalah hukum, para ahli hukum Islam mengelompokkan ayat Al Qur’an dalam dua kategori, yaitu qath’i
dan zhanni (relatif). Istilah qath’iy al-dalalah, maksudnya adalah…
A. ayat-ayat yang secara teks kandungannya jelas, baik perintah maupun larangan dengan berbagai
konsekuensinya.
B. ayat-ayat yang memungkinkan berbeda penafsiran dalam menangkap makna/kandungannya
C. ayat-ayat yang secara teks kandungannya tidak jelas, baik perintah maupun larangan dengan berbagai
konsekuensinya.
D. ayat-ayat yang memungkinkan sama penafsiran dalam menangkap makna/kandungannya
Jawaban: A