Beberapa komponen yang harus terdapat dalam RPP 1 lembar sesuai dengan KMA 184. Bisa diperhatikan dalam gambar berikut bahwa komponen yang ada meliputi.
A. Kompetensi Dasar
B. Tujuan
C. Materi
D. Kegiatan Pembelajaran
E. Penilaian
Selain itu juga menyebutkan Satuan Pendidikan, Kelas, Semester, Alokasi Waktu, Tahun Pelajaran dan Mata Pelajaran.
Contoh RPP tersebut sebagai berikut :
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran :
Kelas / Semester :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Dasar
1.3. Menghayati Perbuatan Taubat, Istiqomah dan Ikhlas.
2.3. Mengamalkan prilaku taubat, istiqomah dan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari.
3.3. Menganalisis konsep, dalil dan dampak positif taubat, Istiqomah dan ikhlas.
4.3. Mengomunikasikan contoh kisah yang berkaitan dengan taubat, istiqomah dan ikhlas.
B. Tujuan
Melalui pembelajaran Inquiry Learning peserta didik diharapkan dapat meyakini, menghayati dan mengamalkan akhlak taubat, istiqomah dan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari sebagai implikasi dari kemampuannya dalam menguraikan konsep, dalil, dampak positifnya serta mampu menuliskan kisah yang berkaitan dengan Akhlak tersebut.
C. Materi
Pertemuan 1 : Pengertian taubat, istiqomah dan ikhlas beserta dalilnya.
Pertemuan 2 : Contoh perbuatan taubat, istiqomah dan ikhlas beserta dampak positifnya.
Pertemuan 3 : Kisah Inspiratif dari taubat, iatiqomah dan ikhlas.
D. Kegiatan
Pendahuluan : Membaca doa, menjelaskan KI-KD, Tujuan, Serta Prosedur Pembelajaran, Melakukan Muhasabah Diri.
Kegiatan Inti :
1. Merumuskan masalah : Peserta didik merumuskan masalah dari tayangan Perilaku taubat, istiqomah dan ikhlas.
2. Merencanakan : Secara berkelompok peserta didik merencanakan prosedur pengumpulan dan analisis data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah.
3. Mengumpulkan dan Menganalisis : Secara berkelompok peserta didik mengumpulkan dan menganalisis data yang telah dikumpulkan.
4. Menarik Simpulan : Menarik simpulan dan mempresentasikan secara bergantian terkait pemecahan masalah yang mereka tetapkan.
5. Penerapan dan tindak lanjut : Peserta didik menerapkan pemecahan masalah dan menetapkan tindak lanjutnya dan menyusun kisah tentang dampak positif taubat, istiqomah dan ikhlas.
Penutup : Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran, melaksanakan penilaian, merencanakan pembelajaran yang akan datang, serta melakukan mudzakarah.
E. Penilaian
Penilaian pengetahuan : Tes tulis dan penugasan.
Penilaian Ketrampilan : Tes tulis menyusun kisah inspiratif.
Itu adalah contoh dan komponen-kompenen yang terdapat dalam RPP 1 lembat sesuai KMA 183 184.
Semoga bermanfaat.