Selasa, 09 April 2013

PELAKSANAAN PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL DASAR


Program keaksaraan fungsional dasar dilaksanakan dibeberapa wilayah Indonesia. Program keaksaraan dilaksanakan dengan berbagai metode dan pendekatan oleh lembaga dengan tujuan memberikan ketertarikan warga belajar. Metode dan pendekatan yang dilakukan pun berbeda-beda sesuai dengan desain konteks lokal dari keberadaan penyelenggaraan program. Program keaksaraan pun diikuti dengan kegiatan fungsional seperti, membuat berbagai macam kue, budidaya belut ataupun kegiatan peningkatan keterampilan hidup warga belajar. Perbedaan metode dan pendekatan yang dilakukan oleh lembaga berpedoman kepada Standar Kompetensi Keaksaraan Dasar (SKKD) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).


 FUNGSI DAN TUJUAN

Berdasarkan teori yang para ahli, keaksaraan Fungsional memiliki fungsi mengembangkan kemampuan dasar manusia yang meliputi kemampuan membaca, menulis dan berhitung yang bersifat fungsional dalam meningkatkan mutu dan taraf kehidupan dan masyarakatnya. “Tujuan utama program keaksaraan fungsional adalah membelajarkan warga belajar agar dapat memanfaatkan kemampuan dasar baca, tulis, dan hitung (calistung) dan kemampuan fungsionalnya dalam kehidupan sehari-hari.

     Keaksaraan fungsional memiliki tujuan:
1.      Membelajarkan masyarakat yang buta aksara usia 15 tahun ke atas agar memiliki keterampilan  membaca,   menulis, berhitung, mendengar dan berkomunikasi teks lisan dan tertulis dengan menggunakan aksara dan angka dalam bahasa Indonesia. 
2.      Memperluas akses penyelenggaraan program pendidikan keaksaraan. 
3.      Meningkatkan keberdayaan penduduk buta aksara usia 15 tahun ke atas melalui peningkatan pengetahuan sikap dan keterampilan serta berusaha secara mandiri. 
4.      Membantu meningkatkan indek pembangunan Indonesia melalui peningkatan angka melek aksara secara nasional.  
5.      Program pembelajaran dikembangkan atas dasar masalah, minat dan kebutuhan warga belajar. Materi belajarnya didasarkan pada hal-hal tersebut, serta mencakup kegiatan yang dapat membatu mereka dalam mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya, diutamakan CALISTUNG.
Tujuan akhirnya adalah bagaimana membuat setiap warga belajar dapat memotivasi dan memberdayakan dirinya, meningkatkan taraf hidupnya, mandiri, serta bagaimana menciptakan masyarakat yag gemar belajar (Learning Society).

Materi dalam program KF ini dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu:
·         Tahap Pemberantasan
Membaca
1. Mengenal huruf vokal (a, i, u,e,o)
2. Mengenal beberapa huruf konsonan ( b,c,d,e, d1l)
3. Membedakan vokal dan konsonan
4. Merangkai huruf menjadi kata (2-3 SK), dan masih dibantu orang lain
5. Membaca kata dengan dieja
6. Membaca kalmat tanpa memperhatikan tanda baca
7. Membaca kalimat dengan benar
8. Mengetahui istilah berdasarkan tempat susunan kata (dengan kata-kata yang familiar)

Menulis
1. Menulis Hama sendiri
2. Menulis beberapa kata, tapi masih perlu bantuan orang
3. Mencontoh/menyalin tulisan orang lain
4. Menulis kata/kalimat yang sudah dikenal
5. Menulis satu kalimat dengan bantuan orang lain
6. Menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca (?, .)
7. Menulis kalimat dengan meng-gunakan huruf besar dan kecil (belum beraturan)
8. Menulis beberapa kalimat repetisi (± 3 baris dengan 3–5 kata )

Berhitung
1. Mengenal angka satuan, puluhan, ratusan, ribuan dengan melihat uang.
2. Mengenal simbol operasional ( +, - )
3. Menghitung bilangan dengan menggunakan satu simbul +1 -, x,
4. Mengenal ukuran panjang
5. Mengenal ukuran berat
6. Mengenal ukuran takaran
Keterangan : Masih perlu bantuan Tutor dan warga belajar lainnya

·         Tahap Pembinaan
Membaca
1.Biodata, KTP
2.Kartu Keluarga
3.Formulir
4.Kalender
5.Jadwal
6.Menu Masakan
7.Resep Masakan
8.Pengumuman
9.Tulisan orang lain
0.Surat yang ditulis orang lain
I.Daftar harga
2.Kuitansi/faktur
3.Iklan
4.Membaca pada label/kemasan
5.Petunjuk kegiatan
6.Rambu-rambu lalu lintas seder-hang
7.Buku agama.

Menulis
1.Nama anggota keluarga
2.Biodata / KTP
3.Kartu Keluarga
4.Formulir
5.Menulis benda-benda yang dikenalnya.
6.Menulis surat sederhana
7.Kegiatan sehari-hari
8.Resep masakan
.Pembukuan sederhana
0.Karangan/artikel sederhana
1.Petunjuk kegiatan/keteram-pilan tertentu
2.Daftar kebutuhan sehari-hari
3.Menulis rencana kegiatan

Berhitung
1.Mengisi kwitansi bilangan
2.Membuat daftar belanja
3.Membuat kalkulasi harga
4.Membuat kalkulasi keuntungan
5.Membuat pembukuan sederhana
6.Mengukur panjang kayu, lugs tanah, membuat pola, baju, dll
7. Menimbang barang dagangan
8. Mengukur takaran minyak, bergs, dan lain-lain
9. Mengambil uang di bank dan lembaga keuangan lainnya
0. Meminjam uang dari bank atau lembaga keuangan lainnya
1. Membuat arisan yang sederhana di koperasi
Keterangan : Perlu sedikit bantuan dari Tutor

·         Tahap Pelestarian
Membaca
1.Membaca surat-surat pribadi
2.Membaca surat kabar (bagian tertentu )
3.Membaca majalah tertentu
4.Membacakan suatu bahan bacaan kepada anak-anak
4. Membaca catatan/surat dari dan untuk sekolah
5. Membaca buku hiburan (jenis: petualangan,misteri, roman, sejarah dan buku-buku tentang masyarakat
6. Membaca buku-buku untuk mendapatkan informasi kisah nyata, pekerjaan, anak-anak, kesehatan, agama, hobby dan hiburan dll.

Menulis
1.Menulis atau mengisi formulir
2. Menulis surat-surat pribadi
3. Meningkatkan kemampuan tulisan tangan
4. Menuliskan surat untuk keperluan sekolah anak-anak
5. Menulis catatan/surat dari dan untuk sekolah
6. Menulis keperluan diri sendiri (seperti : jurnal atau catatan harian, pengalaman diri, nasehat, pendapat, laporan yang pernah dibacanya, riwayat hidup, cerita-cerita, sajak dan syair lagu)
7. Menulis catatan catatan atau surat dari dan atau ke relasi kerja.
8. Menulis laporan pekerjaan, Tabel, dan pengumuman

Berhitung
I.Menghitung kebutuhan rumah tangga
2. Menghitung kebutuhan kesehatan
3. Menghitung kebutuhan sekolah
4. Menghitung kebutuhan modal usaha membuat proposal) dll

Sarana dan Prasarana
Sarana dan Prasarana Pendukung Yang Dimiliki
Sarana / prasarana belajar yang telah disediakan diantaranya :
a. Papan tulis
b. ATK Warga Belajar, Tutor dan Kelompok Belajar.
c. Modul dan bahan belajar lainnya.
d. Papan Nama Kelompok Belajar.
e. Sarana Administrasi, meliputi :
ü  Daftar Hadir Warga Belajar
ü  Daftar Hadir Tutor  
ü  Buku Tamu
ü  Buku Administrasi Kelompok Belajar
ü  Buku Rencana Kegiatan Program Pelakanaan Fungsional
ü  Jadwal Belajar/Pertemuan.
ü  Buku harian Konsultasi antara Warga Belajar dengan Tutor
ü  Buku harian untuk menulis laporan kemajuan Warga Belajar.

Strategi Pembelajaran Keaksaraan Fungsional
Hakikatnya warga belajar keaksaraan fungsional merupakan tergolong dalam orang dewasa. ”Strategi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan hendaknya mengikuti kaidah-kaidah pendidikan orang dewasa (Andragogi). Kaidah-kaidah pendidikan orang dewasa yang dimaksud adalah:
1.      Pembelajaran harus berorientasi pada masalah(problem oriented).
2.      Pembelajaran harus berorientasi pada pengalaman pribadi warga belajar (experiences oriented).
3.      Pembelajaran harus memberi pengalaman yang bermakna (meaningfull) bagi warga belajar.
4.      Pembelajaran harus memberi kebebasan bagi warga belajar sesuai dengan minat, kebutuhan dan pengalamannya.
5.      Tujuan pembelajaran harus ditetapkan dan disetujui oleh warga belajar melalui kontrak belajar(learning contract).
6.      Warga belajar harus memperoleh umpan balik(feedback) tentang pencapaian hasil belajarnya.
Pembelajaran pada orang dewasa juga harus berorientasi pada pengalaman warga belajar itu sendiri. Hasil dari pengalaman itu yang menentukan ide, pendirian dan nilai dari orang yang bersangkutan. Pikiran, ide, pengalaman dan informasi yang terdapat diri warga belajar harus dikembangkan sehingga akan membantu perkembangan atau kemajuan belajarnya. Pengalaman merupakan sumber yang kaya untuk dipelajari. Oleh karena itu, orientasi belajar orang dewasa berkaitan dengan erat dengan keinginan dan ketetapannya untuk mengarahkan diri sendiri menuju kedewasaan, dan kemandirian agar pembelajarannya bermakna.

Hakikat tujuan belajar merupakan pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Tetapi dalam proses belajar orang dewasa harus sesuai dengan kontrak belajar yang telah disepakati. Kondisi tersebut dapat menciptakan suasana belajar lebih kondusif.

Senin, 01 April 2013

NAMAKU DUIT ALIAS UANG BUKAN TUHAN



Wajahku biasa saja, fisikku juga lemah, namun aku mampu merombak tatanan dunia. Aku juga "bisa" merubah Perilaku, bahkan sifat Manusia' karena manusia mengidolakan aku. Banyak orang merubah kepribadiannya,­­­­ mengkhianati teman, menjual tubuh, bahkan meninggalkan keyakinan imannya, demi aku!

NAMAKU DUIT ALIAS UANG


Aku tidak mengerti perbedaan orang saleh dan bejat, tapi manusia memakai aku menjadi patokan derajat, menentukan kaya miskin dan terhormat atau terhina. Aku bukan iblis, tapi sering orang melakukan kekejian demi aku. Aku juga bukan org ketiga, tapi banyak suami istri pisah gara2 aku. Keluarga harmonis menjadi berantakan gara2 aku. Anak dan orangtua berselisih gara2 aku.


Sangat jelas juga aku bukan Tuhan, tapi manusia menyembah aku seperti Tuhan, bahkan kerap kali hamba-hamba Tuhan lebih menghormati aku, padahal Tuhan sudah pesan jgn jadi hamba uang. Seharusnya aku melayani manusia, tapi kenapa malah manusia mau jadi budakku?

NAMAKU DUIT ALIAS UANG

Aku tidak pernah mengorbankan diriku untuk siapa pun, tapi banyak orang rela mati demi aku. Perlu aku ingatkan, aku hanya bisa menjadi alat bayar resep obat anda, tapi tdk mampu memperpanjang hidup anda. Kalau suatu hari anda dipanggil Tuhan, aku tdk akan bisa menemani anda, apalagi menjadi penebus dosa2 anda, anda harus menghadap sendiri kepada sang Pencipta lalu menerima penghakimanNYA.

Saat itu, Tuhan pasti akan hitung-hitungan dengan anda, APAKAH SELAMA HIDUP ANDA MENGGUNAKAN aku dengan baik, atau sebaliknya MENJADIKAN aku sebagai TUHAN?

Ini informasi terakhirku: 

AKU TIDAK ADA DI SURGA, Jadi jangan cari aku disana.

Rabu, 27 Maret 2013

DIAMONDS I RIHANNA

I
Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian

Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian


II
Find light in the beautiful sea
Temukan cahaya di laut yang indah

I choose to be happy
Aku memilih untuk bahagia

You and I, you and I
Kau dan aku, kau dan aku

We're like diamonds in the sky
Kita sepert berlian di langit


III
You're a shooting star I see
Kau adalah bintang jatuh yang kulihat

A vision of ecstasy
Penglihatan kebahagiaan

When you hold me, I'm alive
Saat kau mendekapku, aku merasa hidup

We're like diamonds in the sky
Kita seperti berlian di langit


IV
I knew that we'd become one right away
Aku tahu kita tlah menjadi satu begitu saja 

Oh, right away
Oh, begitu saja

At first sight I felt the energy of sun rays
Pada pandangan pertama tlah kurasakan energi sinar mentari

I saw the life inside your eyes
Kulihat hidup di dalam matamu


V
So shine bright, tonight you and I
Maka bersinarlah terang, malam ini kau dan aku

We're beautiful like diamonds in the sky
Kita indah seperti berlian di langit

Eye to eye, so alive
Empat mata, begitu bahagia

We're beautiful like diamonds in the sky
Kita indah seperti berlian di langit


VI
(2x)
Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian

Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian

Shining bright like a diamond
Bersinar terang seperti berlian

We're beautiful like diamonds in the sky
Kita indah seperti berlian di langit


VII
Palms rise to the universe
Telapak terangkat ke semesta

As we moonshine and molly
Saat kita bercengkrama

Feel the warmth, we'll never die
Rasakan kehangatan, kita takkan pernah mati

We're like diamonds in the sky
Kita seperti berlian di langit


Back to III, IV, V, VI

Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian

Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian

Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian


Back to V

(7x)
Shine bright like a diamond
Bersinarlah terang seperti berlian

Selasa, 26 Maret 2013

COWOK DAN JEBAKAN BATMAN PADA CEWEK

Tulisan ini terinspirasi dari berbagai orang yang pernah ku temui. beberapa merupakan teman sendiri sebagian yang lain adalah temannya temen. hasil tulisan ini juga tidak bisa dijadikan argumen karena penulis tidak melakukan survey yang sistematik pada jumlah orang tertentu. tapi penulis yakin tulisan ini mewakili sebagian orang laki-laki. 
Dimasa-masa pertumbuhan seorang remaja hormon seksualnya begitu menggebu-gebu. ketertarikan akan lawan jenis begitu besar. hormon seksual inilah yang menjadikan seseorang ingin mengetahui semua tentang lawan jenis. dari hormon inilah timbul sebuah perasaan suka kepada lawan jenis, penulis tidak yakin ini yang dinamakan cinta,tapi  lebih mengarah pada penyaluran hasrat dan gairah. mungkin tiap orang berbeda-beda dalam cara penyaluran hasrat ini. ada yang sampai melanggar agama seperti persetubuhan diluar nikah ada juga yang sekedar saling mengenal satu sama lain.
Dalam menyalurkan hasrat, wanita seringkali dijadikan obyek. wanita didekati untuk dijadikan sarana penyaluran hormon seksual. wanita dalam masa-masa ini (remaja) masih belum berpikir untuk jangka panjang, lebih cenderung menyukai tantangan yang memacu adrenalin. masa-masa seperti ini lelaki badboy cenderung lebih disukai karena bisa memacu adrenalin dan perasaan wanita remaja.
seorang lelaki akan berusaha sekeras mungkin dan mati-matian untuk mendapatkan wanita untuk dijadikan obyek penyaluran. dengan cara yang kuno hingga modern, seribu rayuan gombal tak lelah diucapkan. wanita dengan perasaanya akan mudah terbuai rayuan gombal tersebut dan terbuai perhatian-perhatian naif yang tak bermakna, jikalau tidak menggunakan akal sehatnya maka terperangkaplah wanita tersebut. setelah mendapatkan mangsanya (berpacaran) lelaki dengan sifat bosannya dan kekhawatiran ditinggalkan ceweknya (apalagi kalau cantik) mulai berulah mengatas namakan cinta untuk mendapatkan kesucian ceweknya. dan akhirnya pun bisa ditebak, si cewek akan selalu patuh dan menjadi takut kehilangan cowoknya karena menyadari kesucianya telah direngkuh oleh cowoknya. berusaha mati-matian mempertahankan hubungan pacaran walau sering disakiti. bahkan yang lebih parah kalau cewek tersebut menjadi ketergantungan alias kecanduan walaupun sering disakiti baik secara jasmani maupun secara psikis.
seperti itulah sebagian seorang cowok pada cewek, dengan menggunakan jebakan batman, “ambil mahkotanya lalu biarkan dia mengemis-ngemis cinta.” untuk para cewek janganlah kalian begitu mudah terbuai oleh cowok yang tidak bertanggung jawab yang tidak punya keberanian untuk menghalalkanmu. jagalah kesucianmu dan hanya menyerahkan untuk yang berani menghalalkanmu dalam bingkai pernikahan. jauhilah keindahan dan kemesraan sesaat yang sesat demi keindahan dan kemesraan berpahala yang di ridloi ilahi.

SEMOGA ALLAH MENJAGA KITA DARI PERBUATAN TERSEBUT. AMIIN

PERNIKAHAN, SE-RIBET ITUKAH?

Ada seorang temen yang mau menikah pada awal bulan depan tepatnya tanggal 01 april 2013. semua keluarganya sibuk menyiapkan segala perlengkapan pernikahan.yang menarik disini adalah perlengkapan "seserahan". seserahan itu adalah sesuatu bawaan dari pihak laki-laki untuk diberikan pada pihak perempuan.  umumnya seserahan ini berisi emas, pakaian dan seperangkat alat-alat dapur bahkan biasanya sampai membawa al-mari juga. tergantung adat istiadatnya  juga, setiap daerah mempunyai adat istiadat yang berbeda.  seserahan ini beda dengan mahar atau mas kawin. 

seserahan ini biasanya menjadi tolak ukur untuk menilai pengantin lelaki, seserahan ini sebenarnya tidak termasuk dalam syarat pernikahan dalam islam. dulu pada zaman nabi kaum pria merasa berat dengan mahar yang kadang diluar batas kemampuan. padahal Rasulullah bersabda "wanita yang paling agung barakahnya adalah yang paling ringan maharnya (HR. Ahmad)". sehingga mahar dengan cincin dari besi pun diperbolehkan. 

sekarang ini mungkin  mahar pernikahan tidaklah besar tapi seserahan itu yang kadang memberatkan pihak pengantin pria. padahal seserahan ini bukanlah termasuk syarat pernikahan. apakah ini tidak termasuk cara baru dalam memberatkan sebuah pernikahan. melihat keluarga temanku yang begitu repot dan sibuk menyiapkan berbagai perlengkapan seserahan yang berisi gelas, sendok, piring, panci, bahkan rencana juga mau membawa lemari dll. apakah pernikahan memang harus membawa seserahan seperti ini agar lebih dihargai. tidak cukupkah sebuah baju dan emas. dan ini yang kadang bikin miris bela-belain membawa seserahan yang mewah dari hasil menghutang.

semoga kita semua dikaruniai kelurga yang sakinah mawaddah wa rahmah dengan jalan rezeki yang dimudahkan oleh Allah swt. sebuah keluarga yang langgeng sampai di akhirat nanti bukan sebuah kelurga yang mewah dalam pernikahan tapi penuh pertengkaran setelahnya. Amiin

Seribet inikah kalau mau menikah?


Rabu, 20 Maret 2013

KESEMPURNAAN DALAM BERILMU

tulisan ini adalah bentuk keresahan penulis akan suatu ilmu. bagaimanakah kalian menyikapinya atas keresahan ini. penulis sempat bertanya pada GUS MUS tentang hal ini. Ilmu itu ketika sudah diraih, menjadi tidak berarti apabila tidak diajarkan pada yang lainya dan akan menjadi sangat tidak berarti kalau tidak diamalkan dalam bentuk tingkah laku. ada tiga tahapan untuk mencapai kesempurnaan dalam berilmu. nah tiga tahapan inilah yang membuat penulis resah dan gelisah yang mendalam. untuk lebih jelasnya kita buat skema atau urutan-urutan, dari urutan ini mana yang lebih cocok menurut kalian atau mungkin ada pendapat lain

1. Mencari ilmu >> Mengamalkan dlm bentuk tindakan >> Mengajarkan pada orang lain

Dari urutan ini kita diharuskan mencari ilmu setelah kita meraihnya kita mengamalkan dalam bentuk tindakan baru diajarkan pada orang lain. awalnya penulis merasa ini adalah urutan yang paling baik dan benar, bagaimanapun juga kita mengajarkan sesuatu pada seseorang terutama dalam masalah akhlak harus benar-benar sudah bisa melaksanakan dengan konsisten dan istiqomah.

2. Mencari ilmu >> Mengajarkan pada orang lain >> Mengamalkan dalam bentuk tindakan

Urutan ini sekilas mengajarkan tentang sesuatu tapi yang mengajarkan belum bisa mengamalkan dengan konsisten. alias jarkoni "bisa ngajar urung bisa nglakoni". setelah dipahami ternyata mengamalkan ilmu dalam bentuk tindakan sampai benar-benar konsisten itu memerlukan waktu yang sangat lama mungkin sampai ajal menjemput belum tentu bisa istiqomah untuk mengamalkanya. karena hati manusia itu berubah-rubah, tidak bisa lepas dari khilaf dan lupa. bukankah iman seseorang juga naik turun??

Inilah yang penulis resahkan. pada awalnya penulis lebih memilih urutan yang pertama tapi dengan berjalanya waktu belum bisa konsisten dalam mengamalkan dan bahkan cenderung melupakan ilmu tersebut. setelah  penulis bertanya pada GUS MUS, beliau bilang ''tetaplah mengajar''. artinya setelah penulis pahami dengan mengajarkan ilmu tersebut kewajiban penulis pada orang-orang yang membutuhkan ilmu sudah terpenuhi dan  mereka tidak bisa menuntut diakherat nanti. sedangkan kewajiban penulis untuk mengamalkan ilmu tersebut dalam bentuk tindakan itu adalah kewajiban penulis dengan yang diatas, biarlah yang diatas menentukanya sesuai dengan kehendakNYa. Wallahu a'alam

SESUATU YANG TERSEMBUNYI

ini tulisan merupakan intropeksi untuk penulis saja, mencoba menganalisa segala tingkah laku baik hati maupun panca indera penulis. ketika penulis mengatakan ketidak setujuan akan sesuatu sebenarnya yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah kenapa penulis tidak setuju. apakah murni tidak setuju dari lubuk hati yang paling dalam atau hanya menutupi ketidakmampuan/keiri hatian untuk melakukan hal tersebut. sudah berulang kali penulis ketika berpendapat tentang sesuatu pasti langsung melakukan investigasi bagi diri penulis sendiri. salah satu pendapat penulis adalah ketidak setujuanya akan sebuah hubungan pacaran yang dibarengi kemesraan fisik, seperti ciuman dan pelukan. logika penulis seratus persen bahkan seribu persen tidak setuju akan hal itu. tetapi kadang nafsu selalu menggodanya. jadi pertanyaan selanjutnya apakah penulis benar-benar tidak setuju atau hanya untuk menutupi keiri hatian penulis pada orang-orang yang bermesraan tersebut. atau hanya merupakan sebuah bentuk kekecewaan penulis. apapun itu semoga Tuhan selalu melindungiku. tidak bisa dipungkiri bahwa melawan nafsu itu teramat berat.

entahlah, semoga yang membaca paham dengan apa yang dimaksud oleh penulis. seperti halnya kau selalu mengolok seseorang karena kegalauanya dengan berbagai OLOKAN tapi kamu berkicau sendiri menunjukan kegalauan sedangkan ketika ditanya kau beralasan sekedar iseng dan tidak benar-benar galau karena galau tidak ada dalam kamusmu. sebenarnya kau tidak setuju dengan kegalauan atau hanya merekayasa untuk menutupi kelemahanmu.

masih terlalu sulit untuk aku jelaskan, berulang kali aku baca tulisan ini belum bisa mewakili apa yang aku maksudkan. terkadang tulisan belum bisa mewakili arti sebenarnya, jadi kadang bisa disalah artikan. kayaknya duduk bersama sambil sharing lebih mudah untuk aku jelaskan. SEKIAN 

Selasa, 19 Maret 2013

ABAH, KAMI MERINDUKANMU

Entah kenapa tiba-tiba teringat beliau, membayangkan saat-saat kebersamaan. saat dengan bangga beliau memujiku dan memuji adik-adikku. dan tiba-tiba juga ada pesan masuk dari adik "mas aku kangen bapak." hampir semua adik-adikku termasuk diriku memang lebih dekat dengan beliau daripada dengan ibu. bukan berarti tidak menghormati ibu cuma cara beliau memperlakukan anak itu yang membuat anak-anaknya senang bahkan sungkan sendiri ketika tidak menuruti perintahnya. pendekatan psikologis dibarengi dengan ketegasan itulah yang membuat anak-anak lebih dekat ke beliau daripada ke ibu.

Beliau adalah sosok yang apa adanya yang berani mengatakan tidak pada kedzaliman yang terjadi dikampung. selalu yang pertama turun tangan untuk kemaslahatan warga. sayang anak-anaknya belum ada yang bisa mencontohnya. kadang aku berpikir mungkinkah hanya dengan doa-doa dari anak-anaknya bisa membuat beliau bahagia di alam sana tanpa bisa mencontoh apalagi menjadi seperti yang diharapkan.

tidak ada salahnya sebagai anak untuk membanggakan orang tuanya sendiri, dan saya bangga mempunyai ayah seperti beliau walaupun waktu kebersamaan terasa singkat tapi cukuplah untuk bisa mengukir wajahnya dihati anak-anaknya. mungkin hanya si bungsu yang tidak bisa mengingat wajah beliau dengan jelas. dan kami ternyata aku dan adik-adikku pada malam ini sama-sama merasakan kerinduan yang sama pada beliau. kerinduan yang teramat dalam; kerinduan yang kadang sampai menitikan air mata. ALLAHUMMAGHFIR LAHUU WAR HAMHUU WA'AAFIHII WA'FU 'ANHUU.

CINTA SEGITIGA : AKU, TUHAN DAN KAMU

Apa yang akan kita pikirkan saat menyebut cinta segitiga?Pasti pada sebuah perselingkuhan yang banyak terjadi dimasa kini, itulah kebanyakan jawaban dari orang-orang masa kini. sebenarnya dalam satu kata kita bisa memberikan ribuan arti namun selalu ada satu arti yang sangat populer dan arti itulah yang menjadi condong jawaban kebanyakan orang. 

Disini, cinta segitiga bukanlah tentang perselingkuhan tetapi sebuah cinta yang dikembalikan kepada Allah semata "AKU, TUHAN DAN KAMU. sebelum mencintai seseorang hendaknya mencintai yang diatas dulu untuk  memohon petunjuk kemudian berusaha mendapatkan orang yang kita cintai dengan cara-cara  yang benar. ilustrasinya, sebelum AKU menuju/memilih KAMU harus melewati TUHAN dulu begitu juga ketika KAMU mau menerima/menolak AKU harus melewati TUHAN dulu, itulah yang dinamakan cinta karena Allah. segala sesuatunya disandarkan pada Allah.  maka cinta yang disandarkan padaNYA pasti akan menjauhi cara-cara yang melanggar  aturan-aturanNYA.

Mencintai seseorang itu tidak lah dilarang, semua manusia mempunyai perasaan cinta. hanya saja cinta itu menjadi terlarang karena  melanggar aturan-aturanNYA seperti perzinahan, mesum, khalwat dll. lebih memilih berpacaran daripada menikah. lebih memilih bermesraan dalam keharaman daripada bermesraan dalam kehalalan. begitu juga ketika sudah menjadi sepasang suami istri cinta itu menjadi ternoda apabila melakukan tindak kekerasaan dalam rumah tangga , perselingkuhan, pengkhianatan dll. rumah tangga yang didasari cinta karena Allah pasti akan selalu harmonis, sakinah mawaddah warahmah. hubungan yang didasari karena Allah pasti akan selalu menjaga kesucian pasangannya dan berani menawarkan pernikahan secepatnya bukan menawarkan pacaran. klik disini PILIH PACAR

Cinta yang berpola segitiga antara LELAKI-TUHAN-WANITA itu akan selalu menjaga kehormatan, harga diri dan kesucian pasanganya. saling mengasihi, selalu mengingatkan untuk menjalankan segala perintah-perintahNYA dan menjauhi segala larangan-laranganNYA.

TENTANG VIRGO: SERBA-SERBI ZODIAK VIRGO

ZODIAK VIRGO
Karakter dari zodiak ini adalah analitik, cerdas, kritis, suka menolong, teliti, pendiam. Simbol bintang Virgo adalah Wanita : Virgo dilambangkan dengan wanita perawan, di mana karakteristik dasarnya adalah sosok pemalu, lembut, bijaksana, dan alami. Mereka memiliki kecenderungan lebih suka hidup sendiri. http://www.bayumukti.com/makna-dari-simbol-bintang-horoskop-dan-zodiakmu/
VIRGO JANTAN
Kamu memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap wanita. Makhluk sempurna ini adalah sesuatu untuk kamu melakukan eksperimen dan mempelajari segala hal tentangnya. Dari sisi seks, ini adalah pengalaman yang tidak boleh terlewatkan, kamu menyediakan waktu dan hasrat untuknya. Kamu tertarik di segala hal yang dapat mengembangkan karir. Kamu dapat menjadi figur ayah jika pasangan kamu membiarkan kamu terlalu melindungi. kamu hanya mau melamar atau berkomitmen lebih jauh jika kamu yakin 100% hubungan akan bertahan. Kamu merasa perlu agar pasangan dapat mendukung dan meningkatkan karir dan membuat rumah sebagai tempat yang bersih dan nyaman. Kamu tawarkan keamanan, kepercayaan dan kesetiaan.


VIRGO BETINA
Kamu memiliki standard yang tinggi terhadap pria idaman dalam hidup kamu. Kamu memaksa pasangan kamu untuk super bersih dan praktikal serta memiliki tujuan. Standard kamu cukup tinggi dan oleh karena itu kamu membutuhkan waktu cukup lama dalam mencari seseorang yang kamu rasa cukup berharga untuk diajak berkomitmen. Kamu cenderung menikah di usia yang dewasa dan hanya jika si ksatria datang dengan senjata yang mengkilap. Kamu adalah ibu rumah tangga yang sempurna, orang tua yang tegas dan pasangan yang baik. Kamu juga menarik di tahun pertengahan dan biasanya menarik banyak pria di usia tersebut.

http://gemintang.com/ramalan-bintang-setiap-hari/virgo-kecocokan-jodoh.htm

VIRGO DAN VIRGO
Ketika zodiak Virgo dipasangkan dengan zodiak sejenis, maka keduanya merupakan pasangan yang sempurna. Mereka sama-sama mengerti keinginan pasangan dan senantiasa berusaha untuk memenuhi keinginan tersebut. Keduanya akan hidup saling melengkapi karena mereka selalu mau belajar untuk menjadi sosok lebih baik. Akhirnya, mereka akan selalu berusaha untuk memberikan hal terbaik bagi pasangan.
http://blogbali.net/ramalan-bintang/ramalan-jodoh-zodiak-virgo/