Ngobrolin ttg dunia anak dan perkembangannya memang tak lepas dari bagaimana pola asuh yg diberikan orangtua...
Pd hakikatnya, gak ada orangtua yg gak pengen anaknya tumbuh sbg individu yg utuh (memiliki regulasi emosi, perilaku dan kognitif yg baik)..
Namun...seringkali ortu kurang tepat dalam memberikan pengasuhan kpd anak, ada bbrp jg yg menerapkan pola asuh yg didapatkan dl ke anak2nya skrg
Seperti ini; ortu=> dulu ibu bapakku(mbah bagi anak) ngasuh aku gini, berrti aku bakal ngasuh anakku kyk gini jg, dan kdg itu tnp drencanain
Bbrapa ortu ada yg ingin anaknya sll aman dan bahagia dan cara yg dilakukan adalah sll membenarkan apa yg dlakuin anak, bahkan ktk ank slh
Padahal...hal tersebut memiliki efek negatif yg tidak sedikit buat pertumbuhan karakter anak ke depan. .
Misal nih...anak marah dan ngambek ke ortu, tpi anak malah dpt sesuatu yg dia senengin, ex: sll diturutin apa yg bikin dia ngambek or...
dipoto2 anaknya buat lucu2an dgn ekspresi seneng yg ditunjukin ortu saat anak ngambek(ada jg lho ternyata)...so akibatnya?
anak akan menerapkan pola 'ngambek' sbg sarana agar anak mendapatkan apa yg dia ingin, dan...pola ini bisa kebawa sampe gede
Akhirnya ketidakmatangan pribadi yg tumbuh, krna sjk kecil anak bljar memcahkan mslh dgn "ngambek"nya
Budaya "Menyalahkan Kodok" atau nyalahin objek yg bikin anak sakit, ini jg tidak sehat..
krna anak tidak bisa belajar bertanggung jwb di sini dan cenderung menyalahkan orglain. Contoh : ktika anak tersandung batu...
Anak nangis ktika tersandung batu dan respon ortu adalh aduh sakit ya...mana sini kodoknya nakal/batunya nakal,,yess dan anak tdk bljr untk evaluasi diri+lbh berhati2
sebaliknya...ada jg tipikal orgtua yg menetapkan "cinta bersyarat" kepada anaknya, apa to cinta bersyarat itu?? Anak akan dicintai ortu jika dia mampu melakukan A, B, C dan seterusnya, ada syarat yg harus dilakukan kalau anak mau disayang...
Ex: ayo makan yg banyak, kalau gak makan bukan anak mama, anak mama itu harus makan, gak boleh nangis, gak boleh ujan-ujanan...
Nah lo, apa yg dirasain anak coba?? Anak gak mendapatkan penghargaan utuh, anak melakukan sesuatu krna dia takut kehilangan cinta ortu
Dan anak tidak belajar untuk mengenali keinginan dan perasaan dia, krna dia bertindak sesuai syarat yg hrs dia penuhi agar dia mndptkn cinta
Efek lain dr cinta bersyarat adlh..ank melakukn sesuatu yg manipulatif, berpura2 mencintai apa yg diinginkn ibu'ny pdhl g(bljr bhong brrti)
Yg Lebih menyedihkan adalh adanya kebingungan di diri anak "siapa diriku...aku anak ibu atau aq adalah diriku?"
Karakter yg muncul akhirnya adalah jdi anak pendiam dan penuh kepatuhan yg bukan sbnrnya, pemberontak dan tidak berani mengambil kputusan
Kebalikan dari yg "cinta bersyarat" tdi adalah berikan anak "cinta tak bersyarat"...
Mengawal dan menemani anak untuk menyadari keinginan dan emosi yg dirasakan, memberi penjelasan untuk advice yg dikeluarin ortu
diskusi dan kompromikan hal-hal yg dilakukan anak, dari situ scra gak lgsg anak bljr mengasah kmmpuan kognitif dan pemetaan masalah
Anak melakukan sesuatu bukan krna dia "harus" melainkan krna dia paham akan konsekuensi atas tindakannya nanti
Biasakan untuk membantu anak merefleksikan emosi yg dirasakan. Misal : anak crita dg berapi2 ttg teman sekolahnya yg nakal...
Kondisi fisiologis yg nampak adalh anak cerita dg ritme yg cpet, suara meninggi, sambil ngos2an... Nah kenalkan, emosi yg dia rasakan..
Refleksi emosi ortu -» apa yg adek rasain?| "Sebel, gak suka digituin, pgn mukul|adek marah ya?? |Hem..marah ya brrti ini..oh aq marah trnyt
So...anak akan tumbuh dgn kepekaan emosi yg tnggi
Hmmmm cukup menantang yah buat jadi orangtua tuu ternyata...cz sbg pendidik awal, di tangan kita karakter anak itu akan terbentuk...
Pd hakikatnya, gak ada orangtua yg gak pengen anaknya tumbuh sbg individu yg utuh (memiliki regulasi emosi, perilaku dan kognitif yg baik)..
Namun...seringkali ortu kurang tepat dalam memberikan pengasuhan kpd anak, ada bbrp jg yg menerapkan pola asuh yg didapatkan dl ke anak2nya skrg
Seperti ini; ortu=> dulu ibu bapakku(mbah bagi anak) ngasuh aku gini, berrti aku bakal ngasuh anakku kyk gini jg, dan kdg itu tnp drencanain
Bbrapa ortu ada yg ingin anaknya sll aman dan bahagia dan cara yg dilakukan adalah sll membenarkan apa yg dlakuin anak, bahkan ktk ank slh
Padahal...hal tersebut memiliki efek negatif yg tidak sedikit buat pertumbuhan karakter anak ke depan. .
Misal nih...anak marah dan ngambek ke ortu, tpi anak malah dpt sesuatu yg dia senengin, ex: sll diturutin apa yg bikin dia ngambek or...
dipoto2 anaknya buat lucu2an dgn ekspresi seneng yg ditunjukin ortu saat anak ngambek(ada jg lho ternyata)...so akibatnya?
anak akan menerapkan pola 'ngambek' sbg sarana agar anak mendapatkan apa yg dia ingin, dan...pola ini bisa kebawa sampe gede
Akhirnya ketidakmatangan pribadi yg tumbuh, krna sjk kecil anak bljar memcahkan mslh dgn "ngambek"nya
Budaya "Menyalahkan Kodok" atau nyalahin objek yg bikin anak sakit, ini jg tidak sehat..
krna anak tidak bisa belajar bertanggung jwb di sini dan cenderung menyalahkan orglain. Contoh : ktika anak tersandung batu...
Anak nangis ktika tersandung batu dan respon ortu adalh aduh sakit ya...mana sini kodoknya nakal/batunya nakal,,yess dan anak tdk bljr untk evaluasi diri+lbh berhati2
sebaliknya...ada jg tipikal orgtua yg menetapkan "cinta bersyarat" kepada anaknya, apa to cinta bersyarat itu?? Anak akan dicintai ortu jika dia mampu melakukan A, B, C dan seterusnya, ada syarat yg harus dilakukan kalau anak mau disayang...
Ex: ayo makan yg banyak, kalau gak makan bukan anak mama, anak mama itu harus makan, gak boleh nangis, gak boleh ujan-ujanan...
Nah lo, apa yg dirasain anak coba?? Anak gak mendapatkan penghargaan utuh, anak melakukan sesuatu krna dia takut kehilangan cinta ortu
Dan anak tidak belajar untuk mengenali keinginan dan perasaan dia, krna dia bertindak sesuai syarat yg hrs dia penuhi agar dia mndptkn cinta
Efek lain dr cinta bersyarat adlh..ank melakukn sesuatu yg manipulatif, berpura2 mencintai apa yg diinginkn ibu'ny pdhl g(bljr bhong brrti)
Yg Lebih menyedihkan adalh adanya kebingungan di diri anak "siapa diriku...aku anak ibu atau aq adalah diriku?"
Karakter yg muncul akhirnya adalah jdi anak pendiam dan penuh kepatuhan yg bukan sbnrnya, pemberontak dan tidak berani mengambil kputusan
Kebalikan dari yg "cinta bersyarat" tdi adalah berikan anak "cinta tak bersyarat"...
Mengawal dan menemani anak untuk menyadari keinginan dan emosi yg dirasakan, memberi penjelasan untuk advice yg dikeluarin ortu
diskusi dan kompromikan hal-hal yg dilakukan anak, dari situ scra gak lgsg anak bljr mengasah kmmpuan kognitif dan pemetaan masalah
Anak melakukan sesuatu bukan krna dia "harus" melainkan krna dia paham akan konsekuensi atas tindakannya nanti
Biasakan untuk membantu anak merefleksikan emosi yg dirasakan. Misal : anak crita dg berapi2 ttg teman sekolahnya yg nakal...
Kondisi fisiologis yg nampak adalh anak cerita dg ritme yg cpet, suara meninggi, sambil ngos2an... Nah kenalkan, emosi yg dia rasakan..
Refleksi emosi ortu -» apa yg adek rasain?| "Sebel, gak suka digituin, pgn mukul|adek marah ya?? |Hem..marah ya brrti ini..oh aq marah trnyt
So...anak akan tumbuh dgn kepekaan emosi yg tnggi
Hmmmm cukup menantang yah buat jadi orangtua tuu ternyata...cz sbg pendidik awal, di tangan kita karakter anak itu akan terbentuk...