Sabtu, 29 Juni 2019

ANALISIS KARAKTERISTIK GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN DALAM VIDEO M2 KB1


A.    Analisis Karakteristik Guru
1.      Mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang efektif dan kreatif. Sangat kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode belajar atau mencari pemecahan masalah-masalah belajar, sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis TIK.
2.      Bisa menjadi fasilitator yang menginspirasi dan memotivasi bagi peserta didik ditunjukan dengan adanya interaksi yang aktif. Tidak menjadikan dirinya sebagai pusat (teacher center) tapi menjadikan siswa adalah pusat (student center).
3.      Mampu menuangkan gagasan gagasan inovatifnya dalam pembelajaran. Mempunyai kemampuan memproduksi pengetahuan tidak hanya sebagai konsumen pengetahuan.
4.      Mampu melakukan transformasi kultural. Artinya mampu melakukan perubahan dari sesuatu yang dianggap lama menjadi sesuatu yang baru.
5.      Mampu mentransformasikan diri dalam era pedagogi siber atau era digital, adalah dengan tingginya minat baca dan literasi digital.
B.     Analisis Karakteristik Siswa
1.      Mempunyai Keterampilan belajar dan inovasi: cara berpikir yang kritis, pemecahan masalah dalam komunikasi dan kreativitas kolaboratif dan inovatif.
2.      Mempunyai Keahlian literasi media baru dan literasi TIK/ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi/Information and Communication Technologies / ICT).
3.      Memiliki kemampuan inisiatif yang fleksibel dan inisiatif adaptif, dan kecakapan diri secara sosial serta kecakapan kepemimpinan produktif dan akuntabel, serta bertanggung jawab.
4.      Berani melakukan uji coba terhadap sesuatu hingga benar-benar berhasil sesuai dengan yang dikehendaki atau diharapkan.
C.     Analisis Peranan Orang Tua
1.      Peranan orang tua dalam pendampingan pembelajaran siswa menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
2.      Orang tua dalam pembelajaran berbasis IT menempatkan diri sebagai motivator dan pengawas dalam mengakses internet.
3.      Orang tua juga mendapatkan informasi yang menarik dari pembelajaran berbasis IT.
D.    Analisis Infrastruktur IT
1.      Infrastruktur IT dalam video tersebut sangat memadai sehingga memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran abad 21.
2.      Infrastruktur yang memudahkan siswa dan guru langsung melakukan video teleconference dengan pelaku industry secara langsung.
3.      Infrastruktur IT yang demikian canggihnya tentunya memakan biaya yang sangat mahal namun sebanding dengan keberhasilan pembelajaran yang diharapkan.