Selasa, 14 Oktober 2014

TIPS LULUS UJIAN NASIONAL

Ujian nasional seakan menjadi musuh utama para siswa SMP/MTs atau SMA/MAN, menjadi hantu yang selalu membayangi ketika waktu ujian semakin dekat. lulus ujian berarti bisa langsung melanjutkan kejenjang sekolah yang lebih tinggi. ketika mempunyai keinginan untu melanjutkan kejenjang selanjutnya sudah seharusnya untuk lulus ujian. kalau ingin melanjutkan ke sekolah yang favorit mau tidak mau harus mendapatkan nilai yang bagus.

Dinegara indonesia, dalam sistem pendidikan ujian nasional menjadi syarat kelulusan, dan ini yang terkadang membuat siswa-siswi menjadi stres. dalam ujian belum tentu yang pintar bisa mendapatkan nilai yang memuaskan, sebaliknya yang bodoh justru terkadang mendapatkan nilai yang relatif bagus. inilah sebabnya Ujian Nasional menjadi momok bagi semua siswa, baik siswa pintar apalagi yang merasa dirinya bodoh.

walaupun begitu menakutkannya setidaknya ujian nasional menjadi tolak ukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang selama ini disampaikan oleh para guru-guru disekolahan. dengan adanya ujian nasional ini diharapkan para siswa-siswi lebih tekun dalam belajar, menggunakan waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat.

Belajar menjadi solusi yang tepat untuk bisa lulus ujian. kunci utama sukses dalam ujian nasional adalah belajar yang konsisten. tidak perlu kursus yang membutuhkan biaya tinggi di bimbingan belajar, asalkan setiap harinya ada waktu untuk belajar secara kontinyu insya Allah ujian nasional bisa dilalui dengan sukses. 

Ada beberapa tips lulus ujian nasional bagi para siswa-siswi. 

1. Berdoa.
Pada hakikatnya ujian nasional adalah ujian jasmani dan rohani. tidak hanya kesiapan jasmani saja tapi kesipan rohani juga harus diperhatikan, oleh karena itu banyak-banyaklah berdoa kepada Allah SWT. Menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh mengharapkan ridlo dari Allah swt.

2. Belajar.
sudah seharusnya seorang siswa itu belajar apalagi ketika akan menghadapi ujian nasional. Belajar sejak jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan UN, jangan belajar dengan metode kebut semalem yang justru akan membuyarkan konsentrasi ketika ujian. Belajar adalah kunci tercapainya cita-cita. apapun cita-citanya mustahil tercapai tanpa adanya belajar apalagi untuk sukses di UN.

3. Menjaga Kesehatan.
Akal yang sehat terdapat pada badan yang sehat. ketika badan tidak sehat akal pun tidak bisa berpikir dengan baik. padahal ujian nasional itu harus siap jasmani dan rohaninya. Oleh karena itu jagalah kesehatan dengan makan teratur,  jangan begadang, makan makanan yang bergizi dan olahraga.

4. Mengerjakan Contoh-contoh soal ujian.
contoh-contoh soal ujian bisa di download di internet. sering-seringlah berlatih mengerjakn contoh-contoh soal ujian  karena seringkali soal-soal ujian itu hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

5. Persiapkan Kelengkapan UN
Semua kelengkapan UN harus disiapkan dengan sebaik-baiknya, mulai dari kartu ujian, alat tulis dan kelengkapan UN lainnya. jangan sampai kelengkapan UN tertinggal dirumah ketika pelaksanaan ujian yang justru akan merugikan diri sendiri. 

Semoga tips-tips diatas bisa membantu para siswa-siswi yang akan menghadapi UN. selamat berjuang semoga sukses selalu.

Tidak ada komentar: