Selasa, 12 Maret 2013

BUAH JATUH TIDAK JAUH DARI POHONNYA : REINKARNASI ORANG TUA

ingin sedikit mengulas pribahasa " buah jatuh tidak jauh dari pohonya". kurang lebih maksudnya "seorang anak tidak jauh beda dengan orang tuanya." setuju engga setuju harus setuju heee, anak merupakan reinkarnasi orang tua. kesamaan gen dengan orang tuanya sebagai tanda bahwa anak merupakan reinkarnasi dari segala bentuk dan tingkah polah orang tua. dan lihatlah orang tuamu, seperti apakah dia??


setelah kelahiran anak, fitrahnya adalah suci tinggal bagaimana watak orang tua membentuknya. dari situlah anak akan tumbuh sperti orang tuanya, memiliki gen yang sama dan dididik dengan karakter yang sama maka anak itu akan tumbuh kembang persis orang tuanya. 

adakah cara lain agar anak tidak tumbuh seperti orang tuanya. biasanya orang tua mengharapkan anak untuk lebih hebat dari dirinya bahkan untuk bisa meniru orang lain. bagaimana mau meniru orang lain, jikalau gambar yang difotokopi  adalah gambar dirinya sendiri. bagaimana mungkin memotret sebuah kucing tapi berharap hasilnya menjadi anjing.

kembali kepribahasa tersebut "buah jatuh tidak jauh dari pohonya" sekarang kalau buah itu jatuh di sungai kemudian terbawa arus dan semakin menjauh dari pohonya, masih mungkinkah pohon itu memberika keteduhan pada buah tersebut. maksudnya adalah ketika orang tua mengharapkan anaknya tumbuh menjadi seseorang yang bisa meniru orang lain dalam hal tingkah laku maupun kepribadian. maka lepaskanlah anak tersebut untuk berada pada lingkungan yang berbeda. pengaruh lingkungan akan mempengaruhi kepribadianya seperti halnya buah tersebut yang akhirnya berkumpul dengan benda-benda lainya.

hampir semua orang tua yang jahat mengharapkan anak untuk tidak mengikuti prilakunya. bagaimana tidak mengikuti prilakunya kalau setiap hari anak tersebut melihat tingkah polah orang tuanya. ketika anak tidak puas akan terjadi perasaan benci pada orang tua ketika anak menikmati prilaku orang tuanya maka prilaku orang tua akan lestari turun keanaknya. ketika mengharapkan anak menjadi lebih baik, lepaskanlah anak pada lingkungan yang baik begitu juga sebaliknya.


Tidak ada komentar: