Minggu, 17 Maret 2013

SUKSES APAKAH ITU?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sukses memilik arti yang cukup sederhana. kata sukses didefinisikan sebagai berhasil atau beruntung. berarti kesuksesan adalah keberhasilan atau keberuntungan. seorang yang berhasil meraih apa yang diinginkan berarti telah sukses. setiap manusia punya keinginan yang berbeda-beda dan tidak setiap manusia berhasil meraih keinginannya. yang berhasil yang sukses yang tidak berhasil yang belum sukses.


Sebagian orang mengatakan bahwa sukses itu adalah makan enak, tidur nyenyak, badan sehat dan duit banyak. Sebagian yang lain mendefinisikan sukses adalah merengkuh harta, tahta dan cinta. Ada juga yang berpendapat sukses itu bila kita kaya dan bahagia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa sukses itu punya beberapa rumah megah, banyak mobil mewah dan sering jalan-jalan keluar negeri.


apakah sesederhana itu arti dari kesuksesan. sukses bukanlah semata-mata hanya bisa meraih apa yang diinginkan tapi apakah yang diinginkan itu bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri terutama orang lain. apa yang diinginkan mungkin bermanfaat bagi diri sendiri tapi belum tentu bagi orang lain. buat apa sesuatu yang kita raih tapi tidak bisa memberikan manfaat kepada orang lain. bukankah kita dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan untuk bisa memberikan manfaat pada sesama, entah itu tenaga, ilmu atau materi.


sukses itu "bukan menjadi seperti atau punya apa tapi seperti apa yang bermanfaat bagi orang lain.'' janganlah bermimpi sukses menjadi seorang PNS karena gaji yang tinggi atau bermimpi sukses menjadi seorang pengusaha karena banyak harta tapi bermimpilah sukses menjadi PNS karena bisa mengamalkan ilmunya secara disiplin atau bermimpilah sukses menjadi pengusaha karena bisa bersedekah lebih banyak. sukses itu bukan soal materi tapi soal seberapa besar apa yang diimpikan bisa bermanfaat bagi yang lainya. semakin bermanfaat bagi orang lain semakin sukses lah orang itu. harta dan tahta ketika tidak bermanfaat bagi orang yang membutuhkan, itu bukanlah sukses tetapi merupakan bentuk dari sebuah fitnah dan cobaan.


Tidak ada komentar: