Kamis, 11 Januari 2018

CINTAILAH SAMPAH, JANGAN MENDZALIMI.

Mari kita bicarakan tentang sampah. Mari kita mencintai sampah, meletakan pada tempatnya. Jangan mendzalimi sampah. Seringkali kita membuang sampah tidak pada tempatnya, sungguh betapa hinanya kita telah melakukan kedzaliman pada sampah, jika tidak bisa merubah prilaku tersebut sia-sialah pendidikan bertahun-tahun yang selama ini kita dapatkan bila membuang sampah saja tidak bisa pada tempatnya. Dalam agama islam kebersihan merupakan tema yang sangat penting kedudukanya.

الطهور -  الطهارة
Merupakan kebersihan yang bersifat jasmani dan ruhani, dzohir dan batin. Kebersihan jasmani tentunya kebersihan yang nampak dalam pandangan mata. Sedangkan kebersihan rohani adalah kebersihan  hati yang mana hanya Allah swt yang mengetahuinya. Kalau dalam ilmu fikih dijelaskan sebagai suci dari najis dan suci dari hadast. Kebersihan jasmani manusia bisa diartikan sebagai terselamatkannya panca indera manusia untuk menciderai manusia lainya. Lisan selamat dari mengghibah orang lain. Mata selamat dari melihat sesuatu yang diharamkan. Tangan dan kaki selamat dari melukai orang lain. Sedangkan kebersihan rohani menunjukan tingkat ketakwaan seseorang. Rohaninya selalu dihiasi dengan syukur, qona'ah, sabar, tawakal dan sifat-sifat terpuji lainya.

 النظافة
Kebersihan ini berupa kebersihan tempat yang sifatnya dibutuhkan bersama oleh sekelompok orang. Lingkungan masyarakat yang bersih. Lingkungan rumah yang bersih. Kebersihan ini sangat penting untuk menjadikan masyarakat yang terbebas dari berbagai macam penyakit. Salah satu untuk menghindari berbagai macam penyakit adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Teramat beratkah untuk membuang sampah pada tempatnya. Sebesar apapun titel pendidikan seseorang jika tak mampu membuang sampah pada tempatnya tak ada nilainya titel tersebut. Sampah pun menangis jika tidak diletakan pada tempatnya. Dan tangisanya membuat semesta alam ini marah sehingga dapat mengakibatkan kerugian yang besar pada umat manusia.

Wallahu A'lam.

Tidak ada komentar: