Senin, 15 Januari 2018

4 Kriteria Wanita Dinikahi Dari Sudut Pandang Yang Berbeda llI Karena Kecantikanya [ لجمالها ]

Dalam agama islam memilih menikahi seorang wanita tidak lepas dari 4 kriteria seperti yang disabdakan Nabi Muhammad S.A.W. yaitu karena hartanya, Nasabnya, Kecantikanya dan Agamanya. Namun kali ini kita artikan 4 kriteria ini dengan sudut pandang yang berbeda sehingga bisa menjadi referensi baru dalam memilih calon pasangan.

1. Karena Hartanya [ لمالها ] :
2. Karena Nasabnya [ لحسبها ] :
3. Karena Kecantikanya [ لجمالها ] :
Menikahi wanita karena cantiknya, menurut Pandangan umum adalah wanita yang cantik secara rupa. Memang betul, alasan menikahi wanita hanya karena cantik rupa dalam agama islam kurang tepat bila tidak melihat kpribadianya atau agamanya. Mari kita bahas dari sudut pandang yang berbeda biar menikahi wanita karena kecantikannya tidak mengurangi keberkahan dalam rumah tangga.  maksudnya cantik adalah sebagai berikut :

1. Cantik Penampilannya
Agama islam sangat menganjurkan menjaga penampilan. Wajib hukumnya seorang muslim/muslimah berpenampilan sesuai syariat yakni penampilan yang menutup aurat. Pilih lah wanita yang cantik karena menutup auratnya. Menutup aurat menjadi tanda kecantikan, sesuatu yang berharga itu tidak di nikmati oleh banyak orang. Memilih wanita yang sadar bahwa auratnya haram diperlihatkan kepada selain suaminya adalah ciri bahwa wanita tersebut pandai berpenampilan menarik sehingga terlihat cantik apapun bentuk raut mukanya. Rupa cantik tak tertutup aurat tidak tepat untuk dijadikan pasangan hidup.

2. Cantik Hatinya
Bisa juga cantik disini di maksudkan dengan wanita yang cantik hatinya. Jika ditanya kenapa engkau memilih wanita itu? Karena dia cantik hatinya. Memilih wanita karena cantik hatinya tidak akan mengurangi keberkahan rumah tangga nantinya. Cantik hati wanita itu di tandai dengan pandai bersyukur, sabar, rendah hati, qona'ah dll.

3. Cantik Akhlaknya
Kecantikan rupa tidak lah abadi kecantikan akhlak membawa manfaat sampai akhirat nanti. Pilihlah wanita yang cantik akhlaknya. Orang yang berakal pasti sadar bahwa kecantikan akhlak seorang wanita yang dapat membawa kedamaian dalam rumah tangga. Cantik akhlak seorang wanita tergantung dari seberapa besar rasa malunya. Jika wanita tidak punya rasa malu maka mengghibah, mengumbar aib, tidak amanah menjadi prilaku sehari-harinya.

Note :
>>

إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ [ رواه مسلم  ]
"Sesungguhnya Allah Swt itu Maha-Indah dan menyukai keindahan."
Rasululloh saw bersabda tidak masuk surga mereka yang terdapat di dalam hatinya sebiji zarrah kesombonngan” kemudian seseorang berkata kepada Rasulullah Saw: ‘Wahai Rasul Allah sesungguhnya sesorang menyenangi pakaian dan sandal  yang bagus!’ kemudian Rasulullah Saw bersabda: “itu bukan bagian dari kesembongan, sesungguhnya Allah Swt Maha-Indah dan menyukai keindahan."
>>
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ: أَيُّمَا امْرَأَةٍ نَزَعَتْ ثِيَابَهَا فِي غَيْرِ بَيْتِ زَوْجِهَا هَتَكَتْ سِتْرَ مَا بَيْنَهَا وَبَيْنَ رَبِّهَا. وفي لفظ "خَرَّقَ اللهُ عَنْهَا سِتْرًا. رواه احمد
Dari Aisyah, ia berkata, ”Aku mendengar Rasululah saw. bersabda, ’Perempuan mana saja yang membuka baju bukan di rumah suaminya (memperlihatkan kepada yang bukan mahramnya), maka ia telah membuka aib antara dia dan Tuhannya”. Dan dalam lafad lain “Pasti Allah akan membukakan aibnya” . H.r. Ahmad

>>
 ”Sesungguhnya ALLAH tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian,tapi ia melihat hati dan amal kalian.” (HR.Muslim,Ahmad dan Ibnu Majah).

>>
إنَّ لِكُلِّ دِينٍ خُلُقًا ، وَإنَّ خُلُقَ الإسْلاَمِ الحَيَاء
“Sesungguhnya setiap agama itu memiliki akhlak dan akhlak Islam itu adalah rasa malu.” (HR. Ibnu Majah no. 4181. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Tidak ada komentar: