Sabtu, 20 Januari 2018

Ukhty Lazeem Masruro : Pahlawan Selalu Menahan Amarah

Ukhty Lazeem Masruro berkata :

Pahlawan bukanlah orang nan berani meletakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan nan sebenarnya adalah orang nan sanggup menguasai dirinya di kala ia marah. Lihat Disini

Note :
Banyak jenis pahlawan dimuka bumi ini. Dari semua jenis pahlawan ini hampir dapat dipastikan pahlawan-pahlawan tersebut harus dapat mengendalikan dirinya. Tidak ada pahlawan yang ceroboh melangkah. Pahlawan selalu bersikap penuh perhitungan serta yang paling utama dapat menguasai dirinya ketika api amarah meluap-luap.

Semua orang yang mampu mengendalikan amarahnya dapat di sebut juga sebagai pahlawan, karena pahlawan memberikan manfaat bukan madlorot. Dengan mampu mengendalikan amarahnya maka orang-orang disekitarnya tetap merasa aman. 

Sedangkan orang yang tidak bisa mengendalikan amarahnya hampir dipastikan amarahnya tersebut dapat menyakiti orang lain. Maka orang yang tidak mampu mengendalikan amarah tidak layak untuk di sebut pahlawan.

Telah bersabda Nabi Kita Muhammad Saw :

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَوْصِنِيْ ، قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). فَرَدَّدَ مِرَارًا ؛ قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Berilah aku wasiat”. Beliau menjawab, “Engkau jangan marah!” Orang itu mengulangi permintaannya berulang-ulang, kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Engkau jangan marah!” [HR al-Bukhâri].

Firman Allah Swt :


{الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ}



“Orang-orang yang bertakwa adalah mereka yang menafkahkan (harta mereka) baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnyaserta memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan” (QS Ali ‘Imran:134).

Hadist Nabi Saw :

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ أنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَسَلَّم قَالَ (لَيْسَ الشَدِيْدُ بِالصُّرَعَةِ إِنَّمَا الشَّدِيْدُ الَّذِيْ يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الغَضَبِ) متفق عليه 
Artinya : Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda “Bukanlah orang yang kuat yang menang dalam pergulatan akan tetapi orang yang kuat ialah yang mampu menahan hawa nafsunya saat marah” (Muttafaqun ‘Aleih)
Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar: