Selasa, 16 Januari 2018

FILOSOFI NAHWU SHOROF l Mutiara Kasih Madli Dan Mudlore "Kamu Cemburu"

Wahai Adinda, Kenapa engkau selalu menanyakan dia kepadaku?

Apakah engkau cemburu ataukah engkau tidak mempercayaiku?

Kakanda sudah bilang berkali-kali kepada adinda, dia hanyalah fi'il madli-ku, masa laluku. Masa lalu yang sudah tak tersisa lagi dalam hati ini. Saat ini dan esok hanyalah engkau yang akan mendampingiku karena engkau adalah fi'il mudlore'ku. 


Siapkah adinda menerima kakanda apa adanya, siap ber-Dlommah dengan kakanda menggapai Rofa'-nya bahtera rumah tangga yang di ridloi Allah s.w.t. Selama ini Nasob-ku semoga mampu mem-Fathah-kan hatimu. 

Dan perlu adinda tahu, hatiku Kasroh jika adinda di-Khofed-kan orang-orang yang tak bertanggung jawab. Hanya jazem-mu untuk menerima khitbahku yang dapat men-sukun-kan hatiku. 

Jika nanti kakanda telah menjadi mubtada dan tentunya adinda adalah khobarnya. Ketahuilah, bahwa khobar harus mengikuti  mubtada. Ar-rijaalu Qowwamuuna 'Alannisa. Jika nantinya mubtada menginginkan mufrod maka khobar juga harus ikut mufrod. Jika mubtada tasniah maka khobar harus tasniah. Jika mubtada jamak maka khobar harus jamak.

Baca Juga Filosofi Nahwu Shorof Mutiara Kasih Mubtada Khobar Satu Bidadari 

Semakin banyak anak semakin banyak rizki. Berapakah anak yang adinda inginkan?? Mufrod, Tasniah atau Jamak. Ah, Serahkan saja pada Allah s.w.t. Semoga kita amanah.

Anak-anak kita nantinya adalah tawabi' mengikuti apa prilaku orang tuanya karena orang tua adalah matbuu'. Anak pertama yaitu Na'at yang sukanya meniru sifat-sifat orang tua. Anak kedua adalah 'Atof segala sesuatunya ingin bersama orang tuanya, ikut ke sana kemari. Anak ketiga adalah Taukid yang selalu bisa menjadi penguat orangtuanya. Dan yang terakhir adalah Badal yang siap menggantikan orang tuanya.

Sebenarnya masih banyak yang ingin kakanda sampaikan ke adinda. Mungkin di lain waktu akan kakanda sampaikan cara mendidik anak-anak kita nanti dengan mengambil hikmah dari ilmu nahwu shorof ini. Sampai jumpa adinda. 

Tidak ada komentar: