Jumat, 19 Januari 2018

Hijrah Kita l Meninggalkan Memakan Barang Syubhat

Wasiat Rasul saw Kepada Ali :
يا علي من اكل الشبهات اشتبه عليه دينه واظلم قلبه ومن اكل الحرام مات قلبه وخف دينه وضعف يقينه وحجب الله دعوته  وقلت دينه :

Artinya :
Hai Ali, Barang siapa yang memakan barang maka agamanya bimbang, ragu-ragu dan hatinya gelap. Dan barang siapa yang memakan barang haram maka hatinya mati, agamanya tipis, keyakinanya lemah, dihalangi doanya [ Allah swt tidak mengabulkan doanya ] dan sedikit amal ibadahnya.

Hijrah Kita :
Syubhat, Syubuhat, atau Subhat merupakan istilah di dalam Islam yang menyatakan tentang keadaan yang samar tentang kehalalan atau keharaman dari sesuatu.

Meninggalkan memakan barang syubhat sebagai langkah selanjutnya dalam proses hijrah. Banyak sekali bahaya memakan barang syubhat dan haram. Seorang muslim sejati tahu bahwa hanya memakan barang halal yang dapat mendekatkan diri kepada Allah swt.

إِنَّ الْحَلاَلَ بَيِّنٌ وَإِنَّ الْحَرَامَ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا مُشْتَبِهَاتٌ لاَ يَعْلَمُهُنَّ كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ فَمَنِ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ اسْتَبْرَأَ لِدِينِهِ وَعِرْضِهِ وَمَنْ وَقَعَ فِى الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِى الْحَرَامِ كَالرَّاعِى يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيهِ أَلاَ وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى أَلاَ وَإِنَّ حِمَى اللَّهِ مَحَارِمُهُ


Sesungguhnya yang halal itu jelas, sebagaimana yang haram pun jelas. Di antara keduanya terdapat perkara syubhat -yang masih samar- yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Barangsiapa yang menghindarkan diri dari perkara syubhat, maka ia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Barangsiapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka ia bisa terjatuh pada perkara haram. Sebagaimana ada pengembala yang menggembalakan ternaknya di sekitar tanah larangan yang hampir menjerumuskannya. Ketahuilah, setiap raja memiliki tanah larangan dan tanah larangan Allah di bumi ini adalah perkara-perkara yang diharamkan-Nya.” (HR. Bukhari no. 2051 dan Muslim no. 1599).

Tidak ada komentar: