Sabtu, 20 Januari 2018

Kultum Siswa l Tawadu Dalam Kehidupan Sehari-Hari

TAWADU
By.Adib Sulhani 
kelas 7B.

Tawadu artinya sikap rendah hati. Sikap ini merupakan sikap seseorang yang tidak ingin menonjolkan diri dengan sesuatu yang ada pada dirinya. Sikap ini adalah sikap yang harus dimiliki seorang muslim. Tawadu merupakan pertengahan dari sikap sombong dan melecehkan diri. Firman Allah swt

لَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَىٰ مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْهُمْ وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ (QS. 15 : 88)
Jangan sekali-kali engkau (Muhammad) tujukan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang kafir), dan jangan engkau bersedih hati terhadap mereka dan berendah hatilah engkau terhadap orang yang beriman.

Seorang mu'min hendaknya selalu menampakan sikap rendah hati terhadap mukmin lainya dalam kehidupan sehari-hari. Terutama sekali bagi siswa-siswi MTs Tarbiyatul Aulaad dalam keseharianya, baik di sekolah maupun di rumah harus bersikap tawadu.

Dari Iyadh bin Himar Radiyallhu’anhu ia berkata: Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku agar kamu bersikap tawadhu’sehingga tidak ada seorangpun yang menzalimi yang lainnya, dan juga tidak ada seorangpun yang bersikap sombong terhadap yang lainnya.” (HR. Muslim).

Berikut beberapa prilaku rendah hati dalam kehidupan sehari-hari seorang siswa adalah sebagai berikut :

1. Menghormati orang tua di rumah, tidak berani menyela atau tidak membentaknya.

2. Menaati perintah orang tua.

3. Tidak sombong atau iri dengan kakak atau adik di rumah.

4. Memberikan bantuan kepada teman di sekolah dengan ikhlas dan tidak mengharapkan pujian dari teman.

5. Menerima saran maupun kritik dari orang lain.

Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar: