Sabtu, 06 Januari 2018

I'rob Isim dan Fi'il Beserta Filosofinya

Dalam bab I'rob diterangkan bahwa kalimat isim mempunyai tiga i'rob yaitu i'rob Rafa, Nasob dan Khofed. Sedangkan kalimat fiil juga mempunyai tiga i'rob yaitu i'rob rafa, nasob dan jazem.

Dalam hal ini mari kita katakan kalimat isim itu sebagai Seseorang atau manusia ( Nama orang termasuk isim 'alam). Sedangkan kalimat fiil sebagai pekerjaan atau usaha seseorang. Bukankah secara umum kalimat fiil itu menunjukan pekerjaan. 

Bila kalimat isim adalah orang yang berakal atau manusia maka dia mempunyai tiga i'rob yaitu rafa, nasob dan khofed. Artinya seseorang itu ada yang berderajat tinggi seperti halnya rafa yang berarti tinggi atau luhur. Ada juga seseorang yang berderajat nasob harus bekerja keras setiap waktu. Namun seseorang itu juga ada yang khofed tidak mau untuk bekerja keras sehingga selalu mendapatkan tempat yang rendah.

Kalimat fiil menunjukan usaha seseorang atau manusia dengan mempunyai tiga i'rob yaitu rafa, nasob dan jazm. itulah usaha manusia. jika manusia mau berusaha maka akan mendapatkan tiga hal dalam hidupnya yaitu mendapatkan rafa artinya berderajat tinggi. mendapatkan nasob artinya segala kerja kerasnya akan terbuka hasilnya. Mendapatkan jazem artinya akan mendapatkan ketenangan. 

Berusahalah senantiasa berusaha. Berikhtiyar dalam segala hal karena berusaha atau ikhtiyar adalah perintah dalam agama islam. Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga kaum tersebut mau mengubah dirinya sendiri.

Wallahu A'lam.

Tidak ada komentar: