Rabu, 17 Januari 2018

Kultum Siswa l Pentingnya Mencari Ilmu

KULTUM SISWA MTS TA
Oleh : M.Taufik Jaya Winangun
Kelas : 8
Hari : Rabu, 17 Januari 2017
Tema : Pentingnya Mencari Ilmu

Seorang muslim wajib mencari ilmu. Sesuai sabda baginda Nabi Muhammad s.a.w :
ﻃَﻠَﺐُ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﻓَﺮِﻳْﻀَﺔٌ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ ﻭَﻣُﺴْﻠِﻤَﺔٍ
Artinya : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

Bila ingin bahagia di dunia maka dengan ilmu. Bila ingin bahagia di akhirat maka dengan ilmu. Bila ingin bahagia di dunia dan akhirat maka dengan ilmu hal ini menunjukan betapa pentingnya ilmu untuk bekal seseorang mengarungi kehidupan didunia dan akhirat. Sabda baginda Nabi S.a.w :
ﻣَﻦْ ﺍَﺭَﺍَﺩَ ﺍﻟﺪُ ﻧْﻴَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﻌِﻠْﻢِ ﻭَﻣَﻦْ ﺍَﺭَﺍﺩَ ﺍْﻻَﺧِﺮَﺓَ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﻌِﻠْﻢِ ﻭَﻣَﻦْ ﺍَﺭَﺍﺩَﻫُﻤَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﻠﻌِﻠْﻢِ ‏( ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﻄﺒﺮﺍﻧﻰ ) 
Artinya : “Barang siapa yang ingin mencapai kebahagiaan dunia, maka harus dicapai dengan ilmu dan barang siapa ingin mencapai kebahagiaan akherat maka harus dicapai dengan ilmu dan barang siapa ingin mencapai kebahagiaan dunia dan akherat maka harus dicapai dengan ilmu.” maka harus dicapai dengan ilmu dan barang siapa ingin mencapai kebahagiaan dunia dan akherat maka harus dicapai dengan ilmu.”

Ilmu adalah cahaya yang tidak bisa diperoleh dengan cara bermaksiat kepada Allah s.w.t karena maksiat dapat memadamkan Ilmu.

Imam Syafi’i rahimahullah pernah berkata,
ﺷَﻜَﻮْﺕ ﺇﻟَﻰ ﻭَﻛِﻴﻊٍ ﺳُﻮﺀَ ﺣِﻔْﻈِﻲ ﻓَﺄَﺭْﺷَﺪَﻧِﻲ ﺇﻟَﻰ ﺗَﺮْﻙِ ﺍﻟْﻤَﻌَﺎﺻِﻲ ﻭَﺃَﺧْﺒَﺮَﻧِﻲ ﺑِﺄَﻥَّ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢَ ﻧُﻮﺭٌ ﻭَﻧُﻮﺭُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻟَﺎ ﻳُﻬْﺪَﻯ ﻟِﻌَﺎﺻِﻲ
“ Aku pernah mengadukan kepada Waki’ tentang jeleknya hafalanku. Lalu beliau menunjukiku untuk meninggalkan maksiat. Beliau memberitahukan padaku bahwa ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan pada ahli maksiat. ” (I’anatuth Tholibin, 2: 190).

Mari mencari ilmu sebagai cahaya hidup kita. Mari jauhi maksiat karena dapat menggelapkan kehidupan kita.

Wallahu 'Alam.

Tidak ada komentar: